Home > Gaya Hidup > Tips > Panduan Meringankan Rasa Sedih

Panduan Meringankan Rasa Sedih

Jakarta – Banyak yang melarikan rasa sedih dengan merokok atau minum minuman beralkohol. Padahal, mengatasi rasa sedih dapat juga dilakukan dengan cara yang positif.

Panduan Meringankan Rasa Sedih

Berikut tips menghilangkan rasa sedih dengan cara positif yang bisa Anda coba seperti dilansir dari metrotvnews.com (Rabu, 8/6/2016):

1. Menjauh dari keramaian

Berada di keramaian kala sedih membuat Anda akan semakin depresi. Saat merasa sedih, ada baiknya menjauhkan diri dari keramaian.

2. Menangis

Jika menangis dapat membuat Anda merasa lega dan lebih baik, lakukan saja. Berbagai penelitian menyebutkan, menangis memiliki berbagai manfaat seperti memperbaiki suasana hati dan menghilangkan stres. Pasalnya, zat racun dan hormon stres akan terbuang bersama air mata yang keluar.

3. Mendengar lagu

Sebuah studi yang dilakukan peneliti Lilla Taruffi dan Stefan Koelshch dari University of Berlin mengungkapkan, dengan mendengarkan lagu sedih, memori akan memutar kejadian pada masa lalu. Termasuk mengingat saat-saat bahagia.

Mendengarkan musik melow juga baik untuk otak, terutama saat berhadapan dengan perasaan dan emosi yang kompleks. Dengan mendengarkan musik melankolis, kita dapat ‘menikmati’ kesedihan secara aman tanpa meluapkannya di kehidupan nyata dan lingkungan sosial.

4. Fokus pada hal yang positif

Pikiran positif membantu melepaskan rantai pikiran negatif. Daripada terus mengenang kesedihan, mengapa tidak memikirkan hal-hal yang bisa membuat Anda bahagia? Ingat, semua orang pasti pernah mengalami hal buruk dalam hidupnya.

5. Berjalan kaki

Dilansir India Times, orang yang sedang sedih butuh menikmati alam untuk mengusir rasa penat. Berjalan di luar dan menghirup udara segar baik untuk kesehatan emosional dan menghilangkan aura negatif.

6. Lebih banyak tidur

Saat sedih, tidur dapat membantu perasaan menjadi lebih tenang. Saat bangun, Anda akan merasa lebih segar dan berpikir dengan pikiran positif. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis