Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : Inilah Foto Pemukiman Kampung Baru Yang Bakal Digusur Ahok

Berita Terkini : Inilah Foto Pemukiman Kampung Baru Yang Bakal Digusur Ahok

Jakarta – Berita penggusuran permukiman Kampung Baru belum lama ini terdengar. Hal tersebut bakal dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Tujuannya, pihaknya bakal merealisasikan proyek penanganan banjir. Yakni, pembangunnan tanggul.

Berita Terkini : Inilah Foto Pemukiman Kampung Baru Yang Bakal Digusur Ahok

Ahok menjelaskan, kawasan yang bakal adalah tempat pengungsian warga Muara Baru sejak 2013. Namun, beberapa Warga di sana tidak mau pindah ke rumah susun yang telah disiapkan Pemprov DKI.

”Tahu enggak, abis buka (bongkar) senang kan, dapat duit lagi kan. Lalu dia (warga) maju lagi ke laut. Nah, sekarang di Muara Angke sekarang ini sebagian besar adalah yang bongkaran 2013,” katanya di Balai Kota, Kamis (9/6/2016).

Ahok mengatakan bahwa kawasan tersebut akan dibangun sebuah tanggul untuk mengatasi permasalahan banjir yang ada di Jakarta. Selain itu Ahok mengungkapkan bahwa permukaan tanah di Jakarta sejatinya miring ke arah laut, ketika air tinggi dan sejajar dengan daratan harus disedot dengan rumah pompa. ”Maka saat hujan sebanyak 40 persen luas Jakarta akan terendam banjir,” katanya.

Ahok juga memaparkan bahwa pada dulu kala Belanda sudah melakukan pengkajian terkait permukaan tanah Jakarta. Dalam kajian Belanda di tahun 1973, 30 tahun yang akan datang semua sungai di hilir Jakarta tidak bisa membuang air ke laut. Dengan demikian, pembuatan tanggul direkomendasikan.

Berdasarkan kajian dan fakta yang terjadi pada saat ini di Jakarta, Pemprov DKI memang tengah mengerjakan proyek tanggul National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) A, B, dan C untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada tahap pertama, NCICD A di wilayah utara Jakarta akan dibangun tanggul setinggi 3,8 meter dalam waktu dekat. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis