Jakarta – Jelang hari libur Lebaran, volume transaksi di mesin ATM diprediksi melonjak drastis. Sebagai bentuk antisipasi, PT, Artajasa Pembayaran Elektronis selaku penyedia layanan jaringan ATM Bersama akan menambah kapasitas.

Berita Lebaran 2016 : Transaksi di ATM Diperkirakan Akan Meningkat

Direktur Operasional Artajasa, Bayu Hanantasena, mengungkapka, sejak H-10 peningkatan transaksi bahkan sudah terasa. Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan tambahan kapasitas sebesar 30%.

“Saat mudik biasanya banyak kebutuhan saat di jalan. Apalagi sebagian besar bank tidak buka. Makanya kami siapkan tambahan kapasitas,” ujarnya di Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Artajasa pun telah menyiasatinya dengan melakukan serangkaian langkah strategi di antaranya adalah kegiatan capacity planning yang dilakukan agar performansi sistem yang dimiliki anggota ATM Bersama dapat meningkat sesuai dengan peningkatan transaksi yang terjadi di jaringan ATM Bersama.

Anggota ATM Bersama yang secara rutin selalu melakukan capacity planning dipastikan telah siap menghadapi tingginya lonjakan transaksi pada libur Idulfitri mendatang.

Selain itu, Artajasa juga telah menyiapkan mesin switching yang dapat menampung transaksi hingga enam kali lipat. Jika saat transaksi ATM Bersama per bulan mencapai sekitar Rp20-Rp30 juta transaksi, maka sistem mesin pun harus dicapai di tingkat yang sesuai dengan jumlah transaksi tersebut.

Dengan perkiraan kenaikan transaksi yang mencapai 30% dari hari biasa tersebut, maka kapasitas mesin switching tersebut pun ditingkatkan agar dapat menampung sesuai dengan kapasitas yang diprediksikan. (Yayan – www.harianindo.com)