Home > Ragam Berita > Nasional > Mensos Tegaskan Lansia Terlantar Tersebar di Seluruh Wilayah Indonesia

Mensos Tegaskan Lansia Terlantar Tersebar di Seluruh Wilayah Indonesia

Semarang – Lansia terlantar menjadi kasus yang tidak kunjung menemui solusi. Beberapa waktu lalu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pun membeberkan jumlah lansia terlantar di Indonesia yang membutuhkan perhatuan. Yakni, 1,8 juta orang.

Mensos Tegaskan Lansia Terlantar Tersebar di Seluruh Wilayah Indonesia

”Kementerian Sosial mencatat 1,8 juta lansia yang telantar. Kebanyakan di mana? Merata,” katanya usai peresmian SD Negeri Trimulyo II dan renovasi rumah tidak layak huni lansia di Kecamatan Genuk, Semarang, Sabtu.

Khofifah mencontohkan beberapa waktu lalu saat peringatan Hari Lansia di Pulau Giliyang, Sumenep, Madura, yang dihadiri sekitar 350 lansia dengan 157 lansia di antaranya berusia di atas 100 tahun.

Sebenarnya, kata dia, masyarakat yang tinggal di daerah tersebut hidupnya cukup mapan. Akan tetapi, pihaknya justru menemukan relatif banyak lansia yang rumahnya tidak layak huni sehingga dibuatkan program bedah rumah.

Dia menjelaskan, rumah-rumah tidak layak huni yang selama ini ada secara bertahap bisa ditingkatkan menjadi rumah tinggal layak huni, baik dengan program pemerintah maupun sinergi berbagai pihak, termasuk dengan Program Peduli Kasih Indosiar di Genuk.

”Menyisir rumah-rumah tidak layak huni agar mendapatkan rehabilitasi menjadi rumah tinggal layak huni,” tambahnya.

Sebelumnya, Kemensos sudah melaksanakan program bedah rumah tidak layak huni menjadi rumah tinggal layak huni sebanyak 27.000 unit, dan peran serta berbagai pihak tentu sangat dibutuhkan.

”Jadi, harus ditinggikan agar kenyamanan tinggal di rumah bisa kami siapkan, termasuk di dalamnya adalah rumah sehat di wilayah ini,” kata Khofifah. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dhani Buktikan Pribumi Itu Ada Lewat Kamus Bahasa Indonesia

Dhani Buktikan Pribumi Itu Ada Lewat Kamus Bahasa Indonesia

Bogor – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dilaporkan oleh Jack Boyd dari Gerakan Pancasila dengan ...