Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Apa Manfaat dan Efek Samping dari Sauna Inframerah ?

Apa Manfaat dan Efek Samping dari Sauna Inframerah ?

Jakarta – Segelintir selebritis Hollywood seperti Lady Gaga, Cindy Crawford, Jennifer Aniston, dan Gwyneth Paltrow diketahui melakukan perawatan kesehatan sauna inframerah untuk menunjang penampilan dan kesehatan. Sehatkah jenis mandi uap yang satu ini?

Apa Manfaat dan Efek Samping dari Sauna Inframerah ?

Sauna inframerah merupakan jenis mandi uap yang dikelilingi oleh sinar inframerah dalam ruangan. Hal tersebut dapat memenetrasi kulit dan langsung memancarkannya pada tubuh. Sementara itu, sauna biasa memanaskan tubuh melalui udara sekitar.

Pada dasarnya, sauna inframerah lebih lembut daripada sauna biasa karena dilakukan dengan suhu yang lebih rendah.

Beberapa studi menunjukkan bahwa pancaran panas secara langsung dapat membantu mengobati beberapa masalah kesehatan seperti rheumatoid arthritis, mengurangi nyeri dan kekakuan.

Sementara itu, kegiatan seperti spa dan sauna memang memberi banyak manfaat seperti relaksasi, tidur lebih nyenyak, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan mempercepat pemulihan ketika berolahraga.

Sayangnya, sauna tidak memberikan efek detoksifikasi, kecuali melalui keringat yang keluar dari tubuh.

“Mengklaim bahwa sauna inframerah dapat membantu menhilangkan racun dan melelehkan sel lemak jelas tidak mendasar,” kata Roshini Rajapaksa, MD, profesor asisten kesehatan di NYU School of Medicine, Selasa (30/8/2016).

Lantas, apakah sauna ini sehat? Untuk kebanyakan orang, memang iya. Namun perlu diingat bahwa aktivitas superpanas dapat memberi efek samping, seperti pusing, meskipun hanya duduk 10 menit saja.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan beberapa kegiatan terapis atau ringan saat di dalam ruangan sauna.

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan di jantung ataupun paru-paru, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba sauna inframerah.

Penting untuk diketahui, sauna inframerah berbeda dengan tempat tidur tanning karena emisi inframerah tidak memiliki efek merusak kulit seperti paparan sinar ultraviolet. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

x

Check Also

Cegah Kanker dengan Menonsumsi Buah-Buah Ini

Cegah Kanker dengan Menonsumsi Buah-Buah Ini

Jakarta – Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Karena itu, , Anda dituntut harus ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis