Home > Gaya Hidup > Ingin Bepergian ke Singapura? Berikut Tips Aman agar Terhindar dari Virus Zika

Ingin Bepergian ke Singapura? Berikut Tips Aman agar Terhindar dari Virus Zika

Jakarta – Kabar makin merebaknya penyebaran virus Zika di Singapura membuat masyarakat yang ingin bepergian ke Singapura untuk lebih berhati-hati dan mempersiapkan perlengkapan guna mencegah tertularnya virus Zika.

Ingin Bepergian ke Singapura? Berikut Tips Aman agar Terhindar dari Virus Zika

Lantas apa yang harus dilakukan dan disiapkan bila akan bepergian ke Singapura?

dr Erni J. Nelwan, SpPD-KPTI dari Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, RS Cipto Mangunkusumo mengatakan dalam beberapa penelitian mengungkapkan virus Zika berhubungan dengan terjadinya mikrosefali pada janin di dalam kandungan.

Karena itu, tips yang pertama, bagi ibu hamil atau yang berencana untuk hamil sebaiknya menunda dulu keberangkatan ke Singapura dalam waktu dekat hingga sudah tidak terjadi wabah lagi di sana.

“Sebenarnya yang nunda ibu hamil saja. Kalau nggak hamil nggak apa-apa pergi ke sana, asal paham risikonya,” tutur dr Erni, Rabu (31/8/2016).

Tips yang kedua yakni menghindari gigitan nyamuk. Seperti diketahui, vius Zika disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Karena itu menurut Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Dr dr Amin Subandrio, SpMK, jangan lupa untuk membawa peralatan untuk menangkal gigitan nyamuk.

Sedangkan tips yang ketiga yaitu segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut bila menemukan tanda-tanda mirip dengan penyakit demam darah.

“Kalau memang muncul gejala, baik ketika di Singapura atau sudah di Indonesia, segera periksakan dan diambil darahnya. Ini penting untuk mengurangi risiko penyebaran,” papar Prof Amin.

Pemerintah Amerika Serikat, Australia, Taiwan dan Korea Selatan bahkan telah mengeluarkan travel warning bagi perempuan hamil yang hendak atau sedang mengunjungi Singapura.
(Samsul Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

x

Check Also

Ternyata Minum Kopi Berdampak Positif bagi Kesehatan Hati

Ternyata Minum Kopi Berdampak Positif bagi Kesehatan Hati

Jakarta – Kopi adalah salah satu jenis minuman yag seringkali dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis