Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Mengapa Saat Hamil Payudara Kadang Terasa Gatal ?

Mengapa Saat Hamil Payudara Kadang Terasa Gatal ?

Jakarta – Banyak wanita yang mengaku ketika tengah mengandung, payudaranya terasa sering gatal. Memang dikala sedang hamil, tubuh akan mengalami sejumlah penyesuaian dan perubahan. Mulai dari berat badan yang bertambah hingga payudara yang sering gatal.

Mengapa Saat Hamil Payudara Kadang Terasa Gatal ?

Namun apakah hal tersebut hal yang wajar? Pasalnya, terkadang rasanya jadi bikin cemas sendiri ketika payudara sering terasa gatal saat hamil. Hal tersebut membuat para wanita menjadi tidak aman dan takut adanya indikasi gangguan kesehatan yang lain. Namun anda tidak perlu panik. Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, payudara gatal saat hamil ternyata tergolong normal.

Hal tersebut diakibatkan karena naik turunnya kadar hormon dan berkembangnya janin dalam rahim membuat tubuh mengalami sejumlah perubahan. Dan payudara yang terasa gatal merupakan salah satu gejala yang paling sering dirasakan wanita selama kehamilan.

Puting terasa lebih kencang dan payudara terasa gatal saat hamil juga disebabkan oleh pembentukan sel-sel penghasil air susu serta bertambahnya lemak di payudara. Perubahan hormon di dalam tubuh selama kehamilan bisa meningkatkan aliran darah ke payudara, sehingga membuat payudara lebih besar serta kadang-kadang disertai rasa gatal.

Selain rasa gatal, payudara juga akan terasa lebih padat dan nyeri apalagi kalau disentuh. Rasa gatal dan nyeri bisa berbeda di setiap trimester kehamilan. Pada trimester ketiga kehamilan misalnya, payudara yang gatal merupakan tanda sedang mempersiapkan diri untuk menyusui setelah melahirkan nanti.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

6 Manfaat Berenang Bagi Bayi Anda

6 Manfaat Berenang Bagi Bayi Anda

Jakarta – Setiap anak biasanya menyukai bermain air, termasuk juga berenang. Berenang membuat anak-anak gembira ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis