Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta yang diusung oleh Partai Gerindra, Sandiaga Uno, mengaku telah bertemu dengan beberapa pengusaha berpengaruh di Indonesia sebelum memutuskan untuk maju menjadi Cagub DKI.

Pengusaha Sembilan Naga Larang Sandiaga Uno Maju Jadi Cagub DKI

Beberapa pengusaha yang ditemui oleh Sandiaga Uno ini termasuk para pengusaha yang ia sebut “Sembilan Naga”.

“Semua pengusaha saya datangi, termasuk sembilan naga. Semua bilang jangan maju. Kenapa, karena mereka tahu saya tidak bisa dikontrol,”ujar Sandiaga Uno dalam diskusi di sekretariat Komite Jakarta Tentram, Jakarta Selatan, Senin (12/9/2016).

Meskipun ia telah disarankan untuk tidak maju namun dirinya tetap memutuskan untuk maju. Lalu kini kemudian berkembang istilah pengusaha boneka yang ditujukan kepada Sandiaga Uno karena dianggap mewakili kelompok tertentu.

“Padahal saya tidak meminta sepeser pun dari pengusaha. Jadi dia hembuskan ini pengusaha boneka, ada kepentingan,” ujar Sandi.

Ia kemudian menduga, istilah ini dihembuskan karena dirinya dikenal tidak bisa diatur, karena itu berbagai macam cara dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengganjal langkahnya untuk maju menjadi Cagub DKI Jakarta.

“Dibilang pengusaha boneka lah, apa lah. Padahal korupsi itu ada yang ngurus, pengadilan. Pernah nggak saya dipanggil pengadilan saya belum pernah, (jadi) saksi saja saya nggak pernah,” ujarnya.
(Samsul Arifin)