Home > Ragam Berita > Nasional > Kemensos : Tagana Harus Berkontribusi Dalam Menangani Bencana

Kemensos : Tagana Harus Berkontribusi Dalam Menangani Bencana

Balikpapan – Indonesia memang kerap dilanda bencana. Karena itu, Kementerian Sosial bergerak cepat. Mereka dikabarkan bakal membikin pun Taruna Siaga Bencana (Tagana) psikososial. Tagana tersebut diberi tugas untuk melakukan terapi psikososial kepada korban bencana.

Kemensos : Tagana Harus Berkontribusi Dalam Menangani Bencana

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memimpin apel nasional Tagana di Pantai Lamaru di Balikpapan Kalimantan Timur, Sabtu mengatakan Tagana harus terus memberikan kontribusinya dalam penanganan bencana.

Tagana sebagai relawan yang terlatih harus berada di lokasi satu jam setelah bencana. Tagana psikososial memberikan penanganan dan terapi psikososial kepada korban.

Tagana psikososial merupakan relawan yang berlatar belakang sebagai konselor tapi tergabung dalam Tagana. Mensos mengatakan, secara bertahap jumlah Tagana akan berkembang menjadi 150 ribu orang relawan dari saat ini yang berjumlah 29 ribuan.

”Data BNPB ada 323 Kabupaten kota yang berpotensi tinggi rawan terhadap bencana alam, karena itu saya harapkan seluruh Tagana menyiapkan kegiatan preventif dan harus selalu siap,” kata Mensos pada Sabtu (17/9/2016).

Mensos juga meminta keterampilan Tagana harus terus ditingkatkan sebab Tagana adalah relawan yang terlatih. Meski hanya mendapatkan tali asih sebesar Rp150 ribu per bulan, Mensos meminta agar semangat Tagana tidak surut.

”Tagana itu relawan jadi bekerja berdasarkan kerelawanan, jangan dilihat dari besar kecilnya tali asih yang diberikan,” kata Mensos. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

x

Check Also

SBY : Ini Pilpres Apa Pilgub Ya?

SBY : Ini Pilpres Apa Pilgub Ya?

Jakarta – Pada Rabu (21/9/2016) malam kediaman Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis