Damaskus – Kelompok militan kembali berulah. Kini mereka menyerang kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia di Damaskus, Suriah. Gedung tersebut kabarnya ditembaki. Nah, berdasar keterangan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia, aksi tersebut dilakukan kelompok militan Jabhat Fateh al Sham.

Kelompok Militan Serang Kantor Kedubes Rusia di Suriah

Salah satu mortar yang ditembakkan kelompok militan ke arah kompleks Kedubes, mendarat di area permukiman terdekat. Sementara dua mortar lainnya mendarat di dekat gedung kedutaan. Beruntung, tidak ada korban dalam serangan tersebut.

”Menurut laporan yang kami terima, tembakan berasal dari kawasan Jobar, Damaskus, yang berada di bawah kekuasaan kelompok teroris Jabhat Fateh al Sham dan Failak ar Rahman,” kata Kemlu Rusia sebagaimana diberitakan Russia Today pada Selasa (4/10/2016).

Moskow menilai penembakan tersebut adalah upaya dari pihak-pihak yang terus menginginkan adanya pertumpahan darah di Suriah. Mereka menuding Amerika Serikat (AS) dan sekutunya bersisian dengan kelompok militan untuk melakukan serangan tersebut.

Kedutaan Besar Rusia di Damaskus beberapa kali menjadi sasaran serangan dari kelompok militan. Ibu Kota Suriah itu masih berada dalam ancaman bahaya meski dikuasai penuh oleh pasukan pemerintah yang berupaya mencegah serangan dari kelompok militan dan pemberontak. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)