Home > Teknologi > Sains > Benarkah Planet Kesembilan Telah Ditemukan?

Benarkah Planet Kesembilan Telah Ditemukan?

California – Para ilmuwan terus menyelidiki keberadaan planet kesembilan. Kini mereka dapat mengumpulkan bukti-bukti baru. Ya, temuan tersebut terkait dengan planet raksasa baru. Karena itu, para ilmuan sangat yakin dengan keberadaan planet kesembilan di tata surya.

Benarkah Planet Kesembilan Telah Ditemukan?

Penemuan ini memancarkan optimisme bahwa planet kesembilan mungkin bersembunyi di balik delapan planet yang telah dikenal di bagian terluar tata surya.

Sebagaimana diberitakan Tech Times pada Sabtu (29/10/2016), penelitian mengenai planet kesembilan bermula dari penemuan objek raksasa di angkasa oleh Konstantin Batygin dan Michael Brown dari Institut Teknologi California.

Baca juga: Wow, Venus Ternyata Memiliki Gunung Api yang Masih Aktif

Menurut perkiraan, planet kesembilan berukuran 10 kali lebih besar dari Bumi dan membutuhkan waktu 17 ribu tahun untuk mengorbit matahari. Sayangnya, jarak antara planet ini dengan Bumi belum diketahui.

Namun, tidak semua astronom yakin akan penemuan ini. Menurut astronom JJ Kavelaars, bukti keberadaan planet kesembilan sangat tidak meyakinkan. “Saya rasa, hanya 1% peluang untuk menemukan planet baru,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Pakar Astronomi Bicara Tentang Tuhan dan Sains

Jakarta – Perdebatan antara Tuhan dan ilmu pengetahuan seharusnya tidak perlu lagi karena mereka berjalan ...