Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Jenis Makanan Terbaik untuk Melawan Kulit Kering

5 Jenis Makanan Terbaik untuk Melawan Kulit Kering

Jakarta – Ketika memasuki musim dingin, kulit Anda akan cenderung terasa lebih keras dan kering. Hal ini dapat membuat kulit pecah-pecah lebih buruk dan tidak terasa lembut lagi.

5 Jenis Makanan Terbaik untuk Melawan Kulit Kering

Dokter kulit Lisa Donofrio, MD, sesama dari American Academy of Dermatology merekomendasikan, demi menjaga kulit tetap sehat dari dalam dan luar, cobalah untuk menggabungkan makanan dalam diet Anda. Seperti, makan pasta tomat yang melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet, sarden yang kaya dengan anti peradangan omega-3, dan kale yang dapat menyerap serta menetralkan radikal bebas.

Sayangnya, apabila kulit Anda sudah terlanjur mengalami kekeringan, cobalah beberapa pelembap alami dari bahan-bahan makanan yang sudah terbukti dapat menyehatkan kulit dari dalam dan luar seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (6/11/2016):

1. Susu dan madu
Menurut Donofrio, lemak dan asam laktat dalam susu sangat menenangkan untuk kulit yang teriritasi. Anda bisa menjadikannya bahan kompres untuk kulit dengan merendam kain dalam semangkuk susu dingin. Anda juga bisa menambahkan susu ke lotion pelembap.

Madu tidak hanya dapat mempertahankan kelembapan, tapi juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu melawan kuman di permukaan kulit Anda.

2. Minyak kelapa
Selain menjadi pelembap alami, minyak kelapa juga menawarkan antibakteri, antijamur dan antivirus. Cobalah gunakan raw coconut cream yang sudah dimurnikan dan cukup lembut untuk kulit berjerawat.

3. Minyak zaitun
Orang yang rutin konsumsi minyak zaitun memiliki tanda-tanda penuaan pada kulit yang lebih sedikit dibanding orang yang tidak konsumsi minyak zaitun. Hal ini karena minyak zaitun dikemas dengan polifenol, jenis senyawa tanaman dengan sifat antioksidan.

4. Kedelai
Kedelai dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah kolagen pecah. Ini bisa membuat kulit Anda tetap lembut dan mencegah kekeringan yang bisa menimbulkan kulit bersisik dan pecah-pecah.

Baca juga: 3 Makanan yang Bisa Menguras Racun di Tubuh Anda

5. Teh hijau
Teh hijau dapat melindungi tubuh dari sinar ultraviolet. Kandungan teh hijau yang terdapat pada beberapa produk kecantikan dapat mengatasi jerawat, eksim, rosacea hingga melembapkan kulit yang kering. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Setnov Dikabarkan Mengidap Tumor di Tenggorokan

Dokter Jantung Menampik Keanehan Pada Posisi Infus Setnov

Jakarta – Viralnya meme tentang Setnov yang sedang terbaring di Rumah Sakit, membuat netizen menilai ...