Home > Ragam Berita > Nasional > Bila Ahok Jadi Tersangka, Ini Kata KPU DKI

Bila Ahok Jadi Tersangka, Ini Kata KPU DKI

Jakarta – Calon gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat ini sedang menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan penistaan agama di Bareskrim Polri. Lalu apa konsekuensinya bila ternyata nanti Ahok menjadi tersangka?

Bila Ahok Jadi Tersangka, Ini Kata KPU DKI

Menurut Ketua KPU DKI Sumarno, status pemeriksaan terhadap Ahok tidak berpengaruh terhadap pencalonannya dalam Pilkada DKI.

“Aturan pemeriksaan di kepolisian tak berpengaruh apapun terhadap status pencalonannya,” ujar Sumarno, Jumat (11/11/2016) malam.

Sumarno menambahkan, status terperiksa yang disandang Ahok tidak berpengaruh terhadap statusnya sebagai cagub, karena belum bisa disimpulkan Ahok bersalah, bahkan bila Ahok menjadi tersangka sekalipun.

“Dalam hukum itu kan ada istilah terperiksa, terdakwa, tersangka dan terpidana. Bahkan meski sudah jadi tersangka, tidak berpengaruh apapun terhadap statusnya (sebagai cagub),” kata Sumarno.

“Yang diatur kalau dia terpidana, misalnya pidana penjara dihukum 5 tahun atau lebih, baru ada sanksi berupa pembatalan, kalau memang putusannya sudah berkekuatan hukum tetap. Kalau baru terperiksa belum tentu salah, tersangka saja belum tentu salah, harus ada pembuktian di pengadilan, hakim memvonis yang bersangkutan dan terbukti melakukan tindak pidana,” sambungnya.

Pihak kepolisian sendiri berencana akan melakukan gelar perkara kasus Ahok secara terbuka terbatas pada Selasa(15/11/2016) pekan depan dengan mendatangkan beberapa saksi ahli, termasuh pelapor dan terlapor.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA
Refresh

*

x

Check Also

Gelar Perkara, Habib Rizieq Semakin Yakin Ahok Masuk Penjara

Gelar Perkara, Habib Rizieq Semakin Yakin Ahok Masuk Penjara

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, diyakini akan ditetapkan sebagai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis