Home > Ragam Berita > Nasional > Pembubaran Ormas, Kapolri Mulai Soroti FPI dan HTI

Pembubaran Ormas, Kapolri Mulai Soroti FPI dan HTI

Jakarta – Belakangan ini makin banyak desakan terhadap institusi Polri untuk membubarkan organisasi masyarakat (ormas) Islam seperti Front Pembela Islam (FPI) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) karena dinilai makin meresahkan masyarakat. Meski begitu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa serta merta membubarkan ormas, karena membutuhkan alasan kuat yang mendasari langkah tersebut.

Pembubaran Ormas, Kapolri Mulai Soroti FPI dan HTI

Tito Karnavian mengungkap hal tersebut saat menghadiri Kongres XVII Muslimat Nahdlatul Ulama di Asrama Pondok Gede, Asrama Haji, Jakarta Timur, Jumat (25/11/2016) kemarin.

Selain itu juga harus diperhatikan dua aspek legitimasi, yakni legitimasi publik dan legitimasi hukum.

“Legitimasi hukum ini artinya kita memperkuat fakta-fakta, bukti-bukti bahwa secara sistematis organisasi ini melakukan pelanggaran sehingga layak dibubarkan. Perlu adanya legitimasi publik kadang sudah jelas ada pelanggaran hukum, tapi publik tidak menghendaki,” tuturnya.


Baca juga:

Rencana Demo 2 Desember, Ini Langkah Antisipasi Polda Metro Jaya

Petinggi FPI Bantah Kabar FPI Jadi Partai Islam

Meski telah banyak mendapat tuntutan untuk membubarkan ormas FPI dan HTI, Tito menegaskan bahwa langkah ini sangat dilematis. Sebab di iklim demokrasi seperti sekarang ini, masyarakat juga diberikan kebebasan dalam berekspresi dan berserikat untuk berkumpul, meski di sisi lain ideologi Pancasila tetap harus dijunjung. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kerap Berseberangan, Yusril Dukung Ahok Tetap Maju di Pilkada DKI

Kerap Berseberangan, Yusril Dukung Ahok Tetap Maju di Pilkada DKI

Jakarta – Yusril Ihza Mahendra yang kerapkali berseberangan dengan Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis