Jakarta – Sayuran memang salah satu sumber makanan yang wajib dikonsumsi untuk kebutuhann gizi kita setiap hari. Tetapi kadangkala ada rasa malas di hati untuk membuat sayuran yang enak dan lezat buat keluarga. Selain itu, anak-anak juga sering bosan dan banyak diantara mereka yang susah makan sayur. Nah untuk mengatasi masalah itu, kita sebagai koki di rumah harus punya ide kreatif untuk mengatasinya.

Resep : Nugget Tahu Wortel Yang Sehat Untuk Disajikan Bersama Keluarga

Salah satu resep masakan sehari-hari sederhana yang mudah dibuat dan praktis adalah nugget tahu. Biasanya kita mengenal nugget ayam, nugget ikan ataupun nugget udang. Resep masakan nugget tahu memang unik karena menggunakan bahan yang sederhana dan bumbu nugget tahu nya juga praktis.

Walaupun sederhana kandungan protein tahu dan vitamin beserta mineral yang ada di sayurannya sangat bagus buat kebutuhan gizi sehari-hari. Yang paling penting, resep cara membuat nugget tahu wortel dan sayur ini mudah dan gampang untuk diikuti oleh siapa saja seperti yang dikutip dari resepcaramemasak.info.

Bahan-bahan

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tahu putih segar tanpa formalin kurang lebih sebanyak 7 buah saja. Cuci tahu dengan air mengalir sebelum dihaluskan.
  2. Bawang bombay ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris-iris tipis.
  3. Wortel segar ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 buah. Kupas kulitnya lalu rajang kecil-kecil.
  4. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs. 1 pcs kocok lepas untuk campuran adonan nugget tahu nya sedangkan sisanya buat celupan dengan tepung panirnya.
  5. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 siung saja.
  6. Kecap inggris kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  7. Kaldu bubuk instan (bisa menggunakan rasa ayam atau daging sapi) secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  8. Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih lalu rajang halus.
  9. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  10. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  11. Tepung terigu halus secukupnya atau kurang lebih sebanyak 5 sampai 7 sendok makan saja.
  12. Tepung panir atau tepung roti secukupnya.
  13. Minyak goreng saja untuk menumis bumbu dan menggoreng nuggetnya.

Cara Membuat

  1. Langkah pertama cincang bawang putih dan bawang bombay nya sampai halus.
  2. Siapkan wajan penggorengan dan beri sedikit minyak. Masukkan cincangan bawang putih dan bawang bombay diatas kemudian aduk-aduk sampai tercium bau harum khas tumisan.
  3. Haluskan tahu yang sudah dicuci bersih sampai benar-benar halus.
  4. Masukkan tumisan bawang diatas ke dalam tahu halusnya bersama dengan wortel, daun bawang, kecap inggris, kaldu bubuk, gula pasir dan tumisan diatas kemudian aduk-aduk sampai semua bahan tercampu rata.
  5. Masukkan 1 butir telur kocoknya kedalam wadah adonan diatas kemudian aduk-aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Tes rasa kemudian tambahkan garam dan gula pasir kalau diperlukan.
  7. Masukkan kedalam loyang yang sudah dialasi plastik atau bisa dimasukkan juga di plastik wrap kemudian digulung seperti sosis.
  8. Masukkan kedalam panci kukusan dan kukus sampai matang atau kurang lebih selama 15 sampai 18 menit kemudian angkat dan tunggu sampai dingin.
  9. Tuang tepung panir dan tepung terigu ke dalam piring atau wadah lebar lainnya (satu tempat buat tepung terigu, satu tempat buat tepung panir).
  10. Setelah adonan nuggetnya dingin, potong sesuai ukuran yang diinginkan sampai habis.
  11. Ambil adonan yang sudah dipotong kemudian gulingkan diatas tepung terigunya sampai rata.
  12. Celupkan adonan diatas kedalam kocokan telur kemudian gulingkn kembali ke dalam tepung panirnya sampai rata. Ulang 3 proses diatas sampai adonan habis.
  13. Siapkan penggorengan dengan minyak banyak dan tunggu sampai benar-benar panas.
  14. Masukkan nugget tahu sayur diatas dan goeng sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.

(bimbim – www.harianindo.com)