Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Waspada 4 Penyakit Seks Menular yang Tak Menunjukkan Gejala

Waspada 4 Penyakit Seks Menular yang Tak Menunjukkan Gejala

Jakarta – Berdasarkan hasil penelitian terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention, beberapa penyakit seksual menular atau Sexually Transmitted Disease (STD) terus meningkat. Dari tahun 2014 hingga 2015, kasus penyakit chlamydia meningkat 6 persen dan gonorrhea meningkat sekitar 13 persen.

Waspada 4 Penyakit Seks Menular yang Tak Menunjukkan Gejala

Pada kenyataannya, data ini tak sesuai dengan fakta bahwa tingkat kenaikan penyakit tersebut lebih tinggi dibanding data yang didapat.

“Penyakit seks menular seringkali disebut silent epidemic karena mereka biasanya tidak memiliki tanda-tanda luar,” kata Debby Herbenick, peneliti seks di University of Indiana.

Hal tersebut berarti, Anda dapat terkena penyakit seks menular tanpa mengetahuinya. Dan berikut ini adalah empat penyakit seks menular yang paling sering terjadi seperti dilansir dari metrotvnews.com, (Minggu (4/12/2016):

1. Gonorrhea
Penyakit bakteri ini menular melalui vagina yang tidak terlindungi, mulut atau anal seks. Akibatnya, ini dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin, rektum atau tenggorokan Anda. Kondom hampir 100 persen efektif mencegah penularan penyakit ini.

Tanda gonorrhea: Jika infeksi terjadi di tenggorokan atau rektum, kemungkinan tidak ada gejala apapun. Tetapi, jika gonorrhea terjadi pada penis, ini akan membuat penis berwarna kehijauan atau kuning, sensasi terbakar saat buang air kecil dan mungkin saja nyeri pada testis. Masalah ini biasanya terjadi tiga hingga lima hari setelah terkena paparan. Gonorrhea dapat menyebabkan sesuatu yang disebut epididimitis, peradangan testis yang dapat sebabkan infertilitas.

2. Chlamydia
Ini merupakan penyakit bakteri yang lain yang juga menular dengan cara yang sama seperti gonorrhea. Kondom juga menjadi cara efektif untuk mencegah penularan penyakit ini.

Tanda chlamydia: Chlamydia jarang memiliki gejala yang nyata baik pada perempuan ataupun laki-laki. Gejala yang mungkin muncul seperti keputihan yang tidak normal atau rasa seperti terbakar saat buang air kecil. Infeksi yang berat dapat membahaya sistem reproduksi dan bahkan memerlukan operasi.

3. Herpes
Herpes pada organ genital disebabkan oleh dua virus yakni, Herpes simplex type 1 (HSV1) yang biasanya menginfeksi mulut dan herpes simplex type 2 (HSV2) yang sering terjadi pada alat kelamin.

Kontak seksual dapat menularkan virus dari mulut ke organ genital atau sebaliknya, dari organ genital ke mulut. Virus ini dapat menular meskipun Anda atau pasangan tidak memiliki tanda-tanda penyakit ini.

Menggunakan kondom bisa membantu melindungi Anda tapi tidak secara keseluruhan. Kondom hanya dapat efektif mencegah penyebaran herpes. Ini terjadi karena virus dapat hidup di bagian kulit yang tidak terlindungi oleh kondom.

Tanda-tanda herpes: 70 persen orang yang terinfeksi virus ini tidak memiliki gejala. Tapi, ada beberapa tanda yang mungkin bisa jadi gejala herpes seperti luka lepuh atau borok di kelamin ataupun merasakan beberapa rasa seperti terbakar atau gatal.

Ketika pertama kali terinfeksi, beberapa pasien akan mengalami demam, menggigil, pembengkakan kelenjar getah bening dan kelelahan.

Baca juga: Tips Kesehatan : Jangan Tidur Dalam Keadaan Masih Marah

4. HPV (Human Papillomavirus)
HPV, yang terdiri dari lebih 150 virus terkait adalah penyakit seks menular yang paling umum. Ada dua jenis utama yakni risiko rendah dan risiko tinggi. Risiko rendah biasanya hanya menyebabkan kutil pada kelamin. Sedangkan yang berisiko tinggi bisa menyebabkan kanker serviks.

HPV menular melalui hubungan seksual, seks oral atau kontak kulit ke kulit saat berhubungan seks. Menggunakan kondom dapat membantu mengurangi tetapi ridak menghilangkan peluang Anda terkena infeksi.

Tanda HPV: HPV hampir tidak pernah memiliki gejala yang terlihat. Banyak juga yang tidak menyebabkan kutil dan meskipun ada biasanya berukuran kecil. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

3 Masalah Umum Ketika Pertama Menyusui

3 Masalah Umum Ketika Pertama Menyusui

Jakaeta – Hal pertama yang dialami oleh ibu yang baru saja melahirkan adalah menyusui. Tidak ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis