Home > Ragam Berita > Nasional > Diklaim Mencapai 7,5 Juta Massa Saat Aksi 212, Netizen Ini Berikan Hasil Berbeda

Diklaim Mencapai 7,5 Juta Massa Saat Aksi 212, Netizen Ini Berikan Hasil Berbeda

Jakarta – Aksi super-damai 212 memang telah berlangsung. Lautan massa pun tumpah di Monas. Beberapa pihak pun mencoba menebak jumlah massa. Menurut Ketua Dewan Pembina Gerakan Nasional Pembela Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Habib Rizieq Shihab, massa dalam aksi tersebut mencapai 7,5 juta orang.

Diklaim Mencapai 7,5 Juta Massa Saat Aksi 212, Netizen Ini Berikan Hasil Berbeda

Reza Lesmana pun mencoba untuk memprediksi jumlah massa di aksi Bela Islam III pada Jumat (2/12/2016). Hal tersebut dilakukan lantaran terjadi perdebatan jumlah massa. Beberapa pihak sepakat dengan jumlah 7,5 juta orang.

Reza mengatakan, jika salat berjamaah di masjid, setiap orang menggunakan area sekitar 0,5 m2 (lebar saf 1 m dan lebar per orang 0,5 m). Namun di lapangan–dalam hal ini saat aksi 2 Desember–kebutuhan per orang lebih banyak karena alas kaki dan atau tas biasanya diletakkan dekat tempat salat.

“Selain itu jika tidak ada garis yang disiapkan sebelumnya akan sulit menata saf yang lurus sempurna dan rapat. Jadi kita asumsikan saja setiap orang menggunakan 0,7 m2,” tulisnya.

Reza melanjutkan yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memperkirakan berapa total area yang dipergunakan untuk salat Jumat. Di bagian ini, kesulitan dia adalah tidak adanya informasi lengkap untuk memastikan batas-batasnya. Selain itu, batasnya menurutnya bisa jadi agak ‘fuzzy’, tidak tegas. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Kronologi Penangkapan Tiga Tersangka Bom Bekasi Hari Ini

Inilah Kronologi Penangkapan Tiga Tersangka Bom Bekasi Hari Ini

Jakarta – Anggota Densus 88 Mabes Polri pada Sabtu (10/12/2016) petang berhasil mengamankan tiga orang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis