Home > Ragam Berita > Nasional > Hari Ini Aceh Digucang Gempa, BMKG: Gempa Yang Terjadi Gempa Dangkal

Hari Ini Aceh Digucang Gempa, BMKG: Gempa Yang Terjadi Gempa Dangkal

Jakarta – Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, pada Rabu (7/12/2016) pagi sekitar pukul 05.03 WIB diguncang gempa bumi dengan kekuatan 6,4 SR.

Hari Ini Aceh Digucang Gempa, BMKG: Gempa Yang Terjadi Gempa Dangkal

Menurut keterangan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, M Riyadi, gempa yang terjadi dipicu oleh sesar aktif dan merupakan gempa dangkal.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Berdasarkan peta tataan tektonik Aceh tampak bahwa di zona gempabumi memang terdapat struktur sesar mendatar,” kata Riyadi dalam keterangan tertulinya, Rabu (7/12/2016).

Riyadi juga menambahkan, gempa yang terjadi sesuai dengan perkiraan BMKG, yakni disebabkan oleh Sesar Samalanga-Sipopok Fault.

“Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi Pidie Jaya dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault). Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi ini adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur laut,” jelas dia.

Sedangkan berdasarkan pantauan BMKG, gempa susulan yang terjadi menunjukkan tren menurun dalam hal kekuatannya. Hingga pukul 05.30 WIB pagi tadi sudah terjadi beberapa gempa susulan dengan kekuatan yang semakin menurun.

“Hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga pukul 5.30 WIB sudah terjadi gempabumi susulan sebanyak 5 kali dengan kekuatan terbesar M=4,8. Tampak bahwa tren kekuatan gempa bumi susulan semakin kecil,” bebernya.

Riyadi juga menghimbau agar masyarakat tetap tenang karena gempa yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Sehingga masyarakat dihimbau agar tetap tenang, selanjutnya mengikuti arahan BPBD setempat dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Kronologi Pengintaian Terduga Teroris

Bekasi – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri melakukan pengintaian terhadap salah seorang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis