Home > Teknologi > Internet > Jaringan 2G Bakal Segera Dihilangkan dari Singapura

Jaringan 2G Bakal Segera Dihilangkan dari Singapura

Singapura – Jaringan 2G bakal dihilangkan dari Singapura pada April 2017 mendatang. Sebagaimana diberitakan BBC pada Jumat (9/12/2016), persiapan ini dilakukan menyusul keputusan Otoritas Infocomm Development of Singapore (IDA) yang telah menyetujui permintaan para operator jaringan seluler di negara itu–M1, Singtel Mobile dan StarHub Ponsel–untuk menutup jaringan 2G per April 2017.

Jaringan 2G Bakal Segera Dihilangkan dari Singapura

IDA menegaskan tiga operator tersebut memastikan kepada para pelanggan dan pebisnis bahwa proses migrasi dari 2G ke jaringan 3G akan berjalan lancar. Singapura pertama kali mengenalkan jaringan 2G pada tahun 1994, tapi jumlah pelanggan menurun terus drastis dari 2 juta pelanggan pada Juni 2011 menjadi sekitar 250.000 pelanggan pada hari ini – atau sekitar 3 persen dari langganan ponsel di Singapura.

“Jaringan 2G akan pensiun dan memungkinkan efisiensi penggunaan dari spektrum frekuensi radio yang lebih maju yakni layanan 3G dan 4G–sehingga akan lebih memenuhi permintaan pengguna untuk mengakses konten multimedia,” demikian IDA.

Saat ini, layanan 3G dari tiga operator seluler di Singapura telah menjangkau 99 persen, sedangkan layanan 4G menjangkau 98 persen wilayah di negara itu.

“Sebaliknya, operator memutuskan cara terbaik untuk mengelola transisi menuju penutupan jaringan secara penuh, mengingat bahwa M2M, suara, dan kanibalisasi roaming bersangkutan dengan isu tersebut. Kami tidak berharap jaringan 2G akan dipensiunkan secara massal sampai mendekati tahun 2020,” kata Nicole McCormick, seorang analis Ovum. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bersiaplah, Beberapa Jenis HP Nokia Tak Bisa Lagi Gunakan Whatsapp

Bersiaplah, Beberapa Jenis HP Nokia Tak Bisa Lagi Gunakan Whatsapp

Jakarta – Aplikasi chat populer WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak di pasang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis