Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolri Ganti 10 Kapolda, Siapa Saja Yang Diganti?

Kapolri Ganti 10 Kapolda, Siapa Saja Yang Diganti?

Jakarta – Dalam rangka promosi jabatan dan masa persiapan pensiun, Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada hari Senin (12/12/2016) mengganti 10 Kapolda dan beberapa jabatan penting dalam tubuh Polri, termasuk Kakorlantas.

Siapa saja Kapolda yang diganti tersebut?

Kapolri Ganti 10 Kapolda, Siapa Saja Yang Diganti?

Kapolda Bali Irjen Sugeng Priyanto diganti oleh Irjen Petrus Golose. Sedangkan Sugeng kini menjabat sebagai Wakabaharkam Polri.

Kapolda Jawa Timur Irjen Anton Setiadji digantikan oleh Irjen Machfud Arifin yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv TI Polri. Anton Setiadji dimutasikan sebagai pati Polri dalam rangka pensiun.

Kapolda Jawa Barat Irjen Bambang Waskito digantikan oleh Irjen Anton Charliyan yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Sedangkan Irjen Bambang Waskito akan menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara, menggantikan Irjen Wilmar Marpaung yang dimutasi ke Lemdikpol Polri.

Selanjutnya, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Djoko Prastowo akan digantikan oleh Irjen Agung Budi Maryoto yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorlantas Polri. Sedangkan jabatan Kakorlantas Polri akan dijabat oleh Irjen Royke Lumowa yang sebelumnya Kapolda Papua Barat.

Jabatan Kapolda Papua Barat yang ditinggalkan oleh Irjen Royke Lumowa akan dijabat oleh Brigjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Karo Paminal Divpropam Polri.

Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigjen Widyo Sunaryo dirotasi ke Mabes Polri. Sedangkan Kapolda NTT yang baru akan dijabat oleh Brigjen Agung Sabar Santoso yang sebelumnya adalah Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra). Kapolda Sultra akan dijabat oleh Brigjen Budhi Revianto.

Lalu, Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Lukman Wahyu Hariyanto akan digantikan oleh Brigjen Nandang.

Berikut 10 nama Kapolda baru:

1. Kapolda Bali Irjen Petrus Golose
2. Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Machfud Arifin
3. Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Anton Charliyan
4. Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Muktiono
5. Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Bambang Waskito
6. Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Agung Budi Maryoto
7. Kapolda Papua Barat Brigjen Martuani Sormin
8. Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigjen Agung Sabar Santoso
9. Kapolda Sultra Brigjen Budhi Revianto
10. Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) Brigjen Nandang

Surat telegram mutasi jabatan perwira tinggi Polri ini dituangkan dalam surat telegram nomor ST/2987/XII/2016 tertanggal 12 Desember 2016 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Syafruddin mewakili Kapolri.

“Merupakan mutasi biasa tour of duty dan tour of area untuk pengembangan karier. Ada juga yang memasuki purna bakti (pensiun),” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, Senin (12/12/2016).
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Minta Maaf, Sambil Menangis Dora Natalia Cium Tangan Aiptu Sutisna

Minta Maaf, Sambil Menangis Dora Natalia Cium Tangan Aiptu Sutisna

Jakarta – Perbuatan tidak pantas Dora Natalia terhadap petugas kepolisian berujung pada ranah hukum. Aiptu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis