Jakarta ā€“ Perempuan biasanya memakai lip balm atau pelembap bibir digunakan. Tujuannya adalah menghindari bibir kering. Namun, tahukah Anda bahwa lip balm bisa membawa dampak buruk jika digunakan setiap hari?

Inilah Beberapa Manfaat Berhenti Memakai Lip Balm

Ini merupakan satu pertanda bahwa Anda sudah ketergantungan lip balm. Kondisi tersebut sebenarnya harus segera dihentikan karena berdampak pada kesehatan Anda. Berikut sejumlah alasan mengapa pengunaan lip balm harus segera dihentikan, seperti dikutip Thelist, Rabu (14/12/2016).

Merusak bibir
Beberapa bahan yang terkandung pada lip balm justru berdampak pada kerusakan bibir. Misalnya pada bahan pemberi aroma lip balm yang semakin bervariasi. Menurut Diane Madfes, MD, tambahan bahan wewangian dapat memberi dampak adiktif, bibir pecah-pecah, warna bibir lebih gelap hingga menyebabkan iritasi bahkan luka bakar pada bibir.

Kemudian lip balm dengan kandungan vitamin E, ketika digunakan secara topikal atau dioles ke kulit dapat memicu reaksi alergi.

Mengandung bahan kimia
Kulit yang terdapat pada bibir terbilang sangat tipis dan halus. Kulit jenis ini sebenarnya tidak bisa terpapar bahan kimia, terlebih yang terdapat pada kandungan lip balm. Coba lihat komposisi lip balm sebelum membelinya, karena kulit bibir cenderung sensitif dengan bahan-bahan seperti kamper, lilin, fenol dan alkohol yang berpotensi merusak.

Memberi efek adiktif
Kecanduan lip balm tentu dapat mengakibatkan masalah serius. Zat adiktif yang terkandung di dalam lip balm jika digunakan setiap hari justru dapat memblokir kelembapan alami yang diproduksi bibir, serta memicu kerusakan bibir yang sudah disebutkan di atas tadi.
(Tita Yanuantari ā€“ harianindo.com)