Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Mengatur Budjet Tetap Hemat Saat Natal dan Tahun Baru

Tips Mengatur Budjet Tetap Hemat Saat Natal dan Tahun Baru

Jakarta – Momentum perayaan Natal dan tahun baru kerap dimanfaatkan sebagian besar orang untuk menikmati waktu berkualitas bersama orang yang disayangi. Hal tersebut berarti akan ada sejumlah biaya ekstra yang harus dilakukan demi mendapatkan hal yang tidak didapatkan di kala waktu normal.

Tips Mengatur Budjet Tetap Hemat Saat Natal dan Tahun Baru

Anda pun seharusnya sudah tahu apa yang dilakukan dan disiapkan. Misalnya soal anggaran, harus sudah tahu berapa estimasi biaya yang disiapkan. Namun apabika ternyata estimasi itu belum ada dan belum ada persiapan sama sekali. Bagaimana cara mengatur keuangan supaya tetap irit dalam merayakan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017?

Perencana Keuangan Andi Nugroho menyarkankan, hal pertama yang harus dilakukan supaya tetap irit adalah amankan dahulu pengeluaran untuk bulan depan (Januari 2017). Bagi pekerja yang dapat THR Natalan lebih mudah cara mengatur keuangannya, misalnya gaji satu bulan untuk Natal dan Tahun Baru, THR untuk bulan berikutnya.

“Tapi kalau tidak ada THR, ya atur terlebih dahulu keperluan satu bulan ke depan baru pikirkan Natal dan Tahun Baru. Intinya harus disiplin dalam menjalankan apa yang sudah dibudgetkan,” papar Andi pada awak media, Sabtu (17/12/2016).

Kembali ke soal mendapatkan THR atau tidak. Bagi umat Kristiani yang mendapatkan THR pada Lebaran, mestinya sudah jauh-jauh hari menyiapkan keperluan dana untuk Natal dan Tahun Baru. Dana itu mesti disimpan sebaik mungkin untuk dipergunakan saat Natal dan Tahun Baru.

“Tapi, kalau sudah terlanjut dipakai, maka merayakan Natalnya harus lebih realistis sesuai dengan budget yang tersedia alias jangan jor-joran,” tambahnya.

Baca juga: 4 Tips Mengatasi Stres Akhir Tahun

“Satu lagi, sebenarnya irit bisa dilakukan asal jangan mendadak. Jika pun ke pepet waktunya, ya harus disiplin mengelola dana yang ada, supaya tetap irit,” terangnya. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Beberapa Manfaat Berhenti Memakai Lip Balm

Inilah Beberapa Manfaat Berhenti Memakai Lip Balm

Jakarta – Perempuan biasanya memakai lip balm atau pelembap bibir digunakan. Tujuannya adalah menghindari bibir ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis