Home > Ragam Berita > Nasional > Fatwa MUI Terkait Atribut Natal, Agus : “Saya Belum Mendengar Itu”

Fatwa MUI Terkait Atribut Natal, Agus : “Saya Belum Mendengar Itu”

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru saja mengeluarkan fatwa haram bagi Umat Muslim yang mengenakan atribut yang berkaitan dengan perayaan Natal. Meski belum mendengar fatwa tersebut calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengimbau untuk jaga toleransi.

Fatwa MUI Terkait Atribut Natal, Agus : "Saya Belum Mendengar Itu"

“Saya belum mendengar itu. Ya kita kembalikan kepada masyarakat. Ini adalah negara demokrasi yang penting kita taat pada aturan hukum saja. Demokrasi keterbukaan tetap ada aturan hukumnya,” kata Agus di Kampung Poncol, Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Minggu (18/12/2016).

AHY mengingatkan agar seluruh warga saling menghormati dan menjaga toleransi. Dia ingin seluruh masyarakat Saling mengayomi dan menjaga keberagaman Indonesia.

“Toleransi bagi saya harus dihormati oleh semuanya ya. Artinya semua harus saling mengayomi saling menghargai kita. Kan jelas konstitusi memberikan keleluasaan bagi seluruh warga negara Indonesia untuk menganut agama dan kepercayaan masing-masing-masing,” kata dia.

Toleransi itu, lanjutnya, juga berlaku saat umat lainnya menjalankan ibadah dan hari besar mereka. Dia ingin warga menghormati hak tersebut.

“Termasuk juga untuk praktik merayakan atau menjalankan ibadahnya termasuk merayakan hari besarnya. Tentu harus kita hormati semua itu,” urai dia.

Anak sulung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini juga mengingatkan keberagaman yang menjadi keindahan Indonesia. Dia mengajak semua pihak untuk saling menghormati antar pemeluk agama.

“Kebebasan itu juga harus bertanggung jawab dan itulah tentunya keindahan dari Indonesia bahwa kita keberagaman yang luar biasa ini kita bisa hidup berdampingan,” urai dia.

“Tentu saya merayakan kepada siapa pun agar saling menghormati sesama pemeluk agama dan antar komunitas atau identitas karena saling menghormati itu kata kunci setelah itu menghargai,” sambungnya.

Agus kemudian berpesan meski banyak perbedaan, ia ingin Indonesia nyaman dan aman bagi seluruh masyarakat.

Baca juga: Program 100 Kedai, Agus Mengatakan Yang Penting Konsepnya, Bukan Lahannya

“Pada akhirnya juga akan menerima segala perbedaan karena kita tahu di atas segalanya ada kesamaan yaitu warga Indonesia yang hidup dengan baik, aman, nyaman dan tenteram,” tutup AHY. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Enggan Tanggapi Isu Ahok Bakal Diangkat Jadi Mendagri

Anies Enggan Tanggapi Isu Ahok Bakal Diangkat Jadi Mendagri

Jakarta – Sebuah pesan singkat berantai berisikan informasi mengenai Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis