Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Hukum Tegaskan Kasus Ahok Hanya Terkait Masalah Agama

Pengamat Hukum Tegaskan Kasus Ahok Hanya Terkait Masalah Agama

Jakarta – Pengamat Hukum Tata Negara Said Salahudin memberikan penilaian setelah sidang kedua Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok rampung. Dia mengungkapkan bahwa kasus Ahok hanya terkait dengan agama. Bukan masalah suku, ras, dan antargolongan.

Pengamat Hukum Tegaskan Kasus Ahok Hanya Terkait Masalah Agama

Dia menjelaskan, Ahok dan kuasa hukumnya ketika membacakan eksepsinya saat sidang Selasa pekan lalu, memberi contoh dengan mengatakan bahwa orang Padang, Batak, dan Islam tidak bisa menjadi pemimpin kepala daerah di Sulawesi.

”Ini kan sebenarnya tidak terkait dengan urusan penistaan agama. Ini hanya soal agamanya saja. Jadi bukan suku, ras, antargolongan. (Kasus) hanya pada persoalan agama saja,” ujar Said saat diwawancara iNews dalam program Breaking News ‘Mengawal Sidang Ahok’, Selasa (20/12/2016).

Dalam pemahamannya, Said menuturkan bahwa masyarakat tidak menolak Ahok lantaran suku atau ras, akan tetapi menolak karena terkait penodaan agama.

“Menurut saya ini dikembangkan, dibunga-bungakan Pak Ahok sendiri. Seolah-olah dia sebagai korban, padahal dia pelaku dari dugaan penistaan agama,” lanjut Said.

Baca juga: Seluruh Eksepsi Ahok Secara Tegas Ditolak Majelis Hakim

Saat membacakan nota keberatan, Ahok juga menegaskan bahwa dirinya tidak bermaksud untuk menyinggung tafsir Surah Al Maidah Ayat 51. Namun Said menganggap bahwa ucapan Ahok ketika itu tidak konsisten.

”Dia tidak maksud menafsir tetapi pada bagian yang lain, dia mengatakan bahwa Al Maidah itu bukan terkait dengan kepemimpinan di pemerintahan. Itu tafsir,” ungkapnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Simak Sejarah Pahlawan Tjipto Mangunkusumo Yang Pernah Dituding PKI

Simak Sejarah Pahlawan Tjipto Mangunkusumo Yang Pernah Dituding PKI

Jakarta – Belum lama ini Bank Indonesia telah resmi merilis sederet mata uang rupiah emisi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis