Home > Unik > Jelang Tahun Baru, 4 Negara Muslim Ini Larang Warganya Gelar Perayaan

Jelang Tahun Baru, 4 Negara Muslim Ini Larang Warganya Gelar Perayaan

Jakarta – Pergantian tahun baru 2017 tinggal menghitung hari. Dunia pun siap menyambut 2017 dengan sukacita. Negara-negara di penjuru dunia pun sudah disibukkan dengan beragam persiapan menjelang malam perayaan pergantian tahun.

Jelang Tahun Baru, 4 Negara Muslim Ini Larang Warganya Gelar Perayaan

Namun tidak demikian dengan 4 negara berikut ini yang justru melarang perayaan Tahun Baru Masehi. Ya, 4 negara dengan mayoritas penduduk muslim ini menerapkan larangan perayaan tahun baru bagi masyarakatnya dengan alasan syariat. Berikut ulasannya seperti dilansir dari dream.co.id, Rabu (28/12/2016):

1. Brunei Darussalam

Sultan Hassanal Bolkiah menerapkan larangan perayaan natal dan tahun baru sebagai bagian dari syariat Islam yang telah menjadi hukum resmi di negara tersebut.

Warga non muslim yang ada di Brunei tetap diperbolehkan merayakan Natal dan Tahun Baru, namun secara terbatas di dalam komunitas mereka sendiri. Jika ada yang kedapatan mengorganisir perayaan Natal akan dihukum penjara.

2. Somalia

Somalia, negara di Afrika dengan penduduk nyaris 100 persen muslim ini juga melarang perayaan Natal dan Tahun Baru karena bertentangan dengan kebudayaan Islam. Termasuk dikhawatirkan dapat memprovokasi gerakan radikal sayap kanan, Al-Shahaab untuk melaksanakan tindakan teror.

Tak main-main, pihak kepolisian dan aparat berwenang termasuk intelijen pun dikerahkan untuk melakukan pengawasan guna mencegah perayaan Natal dan Tahun Baru dalam bentuk apapun.

3. Tajikistan

Negara pecahan Uni Soviet, Tajikistan pun melarang perayaan Natal dan Tahun Baru termasuk mendirikan pohon Natal baik yang asli ataupun buatan di tempat-tempat umum, termasuk sekolah dan kampus.

Pemerintah Tajikistan bahkan mengeluarkan dekrit pelarangan tersebut, termasuk menggunakan kembang api, petasan dan berbagai hadiah dalam rangka peringatan tahun baru.

Larangan itu juga mencakup penggunaan sosok Bapa Frost, sinterklas versi Rusia dalam semua acara termasuk siaran di televisi. Publik Tajikistan sangat akrab dengan sosok Bapa Frost karena selalu muncul setiap perayaaan Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Apakah Non Muslim Itu Kafir ? Simak Penjelasan Sekjen Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama

4. Arab Saudi

Sejumlah ulama di Arab Saudi memberi masukan kepada negara dan akhirnya resmi menjadi keputusan Mutawa – Komisi Kebijakan dan Pencegahan Kejahatan – untuk melarang perayaan Tahun Baru di negara tempat dua kota suci tersebut.

Keputusan itu termasuk melarang sejumlah toko menjual aksesori, bunga dan boneka yang bertema pergantian tahun. Pihak kepolisian syariah pun akan melakukan razia dan pengawasan secara ketat. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Kecantikan Guru PAUD Ini Gegerkan Dunia Maya

Wow, Kecantikan Guru PAUD Asal Fillipina Ini Gegerkan Dunia Maya

Manila – Salah seorang wanita bernama Kheny Soliva Berco belakangan ini menjadi pusat perhatian di ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis