Home > Ragam Berita > Internasional > Cristina Fernandez de Kirchner Jadi Tersangka Kasus Korupsi

Cristina Fernandez de Kirchner Jadi Tersangka Kasus Korupsi

Buenos Aires – Mantan Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner kini ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi. Berdasar informasi, Jaksa Federal Argentina telah mendapatkan laporan tuduhan administrasi palsu dan nepotisme. Akhirnya, jaksa menetapkan status tersangka kepada perempuan 63 tahun itu.

Cristina Fernandez de Kirchner Jadi Tersangka Kasus Korupsi

Selama menjabat sebagai orang nomor satu di Argentina, Kirchner diduga pernah memberikan kontrak pemerintah kepada Lazaro Baez, seorang pengusaha yang memiliki kedekatan dengan keluarganya. Secara total, Kirchner memberikan 52 kontrak senilai USD 2,9 miliar atau Rp 39 triliun kepada perusahaan milik Baez dengan harga 15 persen lebih besar dari anggaran semula.

Sebagaimana diberitakan Independent pada Rabu (28/12/2016), selain Kirchner, dua mantan stafnya, mantan Menteri Perencanaan Negara Julio de Vido dan mantan Sekretaris Departemen Pekerjaan Umum Jose Lopez juga turut dijadikan tersangka. Jaksa telah membekukan aset ketiga tersangka yang jumlahnya mencapai USD633 juta.

Kirchner belum memberikan komentarnya mengenai putusan jaksa itu, namun dia telah berulangkali menyatakan tidak bersalah dan meminta dilakukan audit terkait pekerjaan umum selama pemerintahannya. Dengan tuduhan terbaru ini, Kirchner terancam hukuman 10 tahun penjara untuk tindak nepotisme, sedangkan tuduhan administrasi palsu dapat diganjar hukuman enam tahun penjara.

Kirchner sebelumnya telah didakwa pada Mei 2016 atas tuduhan menyebabkan kekacauan ekonomi kepada pemerintah dengan melakukan manipulasi pertukaran mata uang asing. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Korut Lakukan Pengambangan Nuklir Antarbenua

Korut Lakukan Pengambangan Nuklir Antarbenua

Pyongyang – Korea Utara (Korut) memang dikabarkan kerap mengembangkan senjata nuklir. Berdasar laporan rahasia Korea ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis