Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Buah Hati

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Buah Hati

Jakarta – Asupan makanan bergizi yang dikonsumsi anak haruslah penuh nutrisi untuk membangun tubuh mulai dari ujung kepala hingga kaki.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Buah Hati

Kesehatan Gigi dan Gusi Anak

Ada banyak sekali jenis makanan yang direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi yang berguna bagi pertumbuhan otak dan tulang yang kuat. Tapi, jangan lupakan asupan makanan bergizi untuk pertumbuhan gigi atau kesehatan mulut.

Berikut ini ulasan beberapa jenis makanan yang dapat membantu pertumbuhan gigi dan kesehatan rongga mulut sejak masa kanak-kanak seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (14/1/2017):

1. Air fluoride
Fluoride membantu mencegah gigi Anda dari serangan asam yang dapat membuat gigi berlubang.

2. Susu
Susu dan keju dapat membantu menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri plak dalam mulut Anda. Susu dan keju juga rendah gula, tinggi protein dan mengandung kalsium yang semuanya baik untuk kesehatan gigi.

3. Daging tanpa lemak, unggas, ikan dan telur
Makanan-makanan ini mengandung fosfor yang bersama dengan kalsium menjaga enamel gigi tetap kuat dari remineralisasi gigi. Ini adalah proses di mana mineral redeposited ke gigi setelah dihapus oleh asam. Lemak ikan seperti salmon memberikaan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu mencegah penyakit gusi.

4. Buah-buahan dan sayuran yang renyah
Kandungan air yang tinggi dalam buah-buahan dan sayuran membantu untuk menyeimbangkan gula alami yang ada pada buah. Mereka juga bersama dengan makanan renyah lainnya merangsang aliran air liur. Ini membantu untuk membersihkan gigi dengan membasuh partikel makanan dan asam yang dapat merusak gigi.

Apel, wortel, seledri dan makanan asam lainnya yang berserat dapat membersihkan permukaan gigi saat Anda mengunyah, dan ini dapat membersihkan bakteri. Mengunyah makanan dapat mengusir plak yang baru terbentuk. Vitamin C dalam stroberi dan kiwi juga penting untuk kesehatan jaringan gusi.

5. Kacang
Kacang menawarkan manfaat yang renyah dan merangsang aliran air liur. Mereka juga mengandung protein yang dapat memperkuat gigi. Kacang juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang dapat mencegah penyakit gusi.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Memicu Depresi

6. Teh hijau
Teh hijau mengandung senyawa yang disebut catechin yang dapat melawan peradangan dan mengendalikan infeksi bakteri. Ini dapat membantu mengurangi gejala penyakit periodontal dan mendorong pembentukan gusi yang sehat. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

3 Hal Penting yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Jalani Diet Detoks

3 Hal Penting yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Jalani Diet Detoks

Jakarta – Terdapat banyak sekali metode diet yang semakin berkembang belakangan ini. Salah satunya adalah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis