Istanbul – Otoritas keamanan Turki berhasil meringkus pelaku penembakan sadis pada malam tahun baru di nightclub Reina di Istanbul. Dia adalah Abdulkadir Masharipov.

Otoritas Keamanan Turki Berhasil Ringkus Pelaku Penembakan di Nightclub

Abdulkadir Masharipov, pelaku penembakan di nightclub Turki

Gubernur Istanbul Vasip Sahin mengatakan kalau pelaku mendapatkan pelatihan di Afghanistan. ”Namanya Abdulkadir Masharipov, berkewarganegaraan Uzbekistan dan kami menyakini dia masuk Turki pada Januari 2016,” ujar Sahin sebagaimana diberitakan Reuters pada Selasa (17/1/2017).

Sahin menambahkan kalau tersangka mengaku melakukan aksi barbar tersebut. Dan berdasar pemeriksaan, sidik jari tersangka cocok dengan yang ada di lokasi kejadian. Dalam aksi tersebut, tersangka membunuh 39 orang dan belasan lain terluka. Korban berasal dari beragam kewarganegaraan. Israel, Prancis, Tunisia, Libanon, India, Belgia, Jordania, dan Arab Saudi.

Sebelumnya, ISIS mengaku menjadi dalang aksi tersebut. ISIS lewat jejaring sosial mengatakan kalau itu adalah bentuk balas dendam karena militer Turki terlibat dalam konflik Syria. Polisi menangkap Sahin pada Senin malam (16/1/2017) waktu setempat di kawasan Esenyurt, Istanbul. Tak lama setelah penangkapan, polisi merilis foto pelaku yang babak belur. (Tita Yanuantari – harianindo.cmom)