Home > Ragam Berita > Nasional > 191 Tokoh Menyatakan Siap Menjadi Penjamin Bagi Ahok

191 Tokoh Menyatakan Siap Menjadi Penjamin Bagi Ahok

Jakarta – Gabungan sejumlah elemen masyarakat menjamin agar terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak ditahan. Aksi tersebut didasari oleh beberapa alasan.

191 Tokoh Menyatakan Siap Menjadi Penjamin Bagi Ahok

Penjamin Ahok

Muhammad Monib selaku Direktur Eksekutif Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) adalah alah satu dari 191 tokoh yang tergabung menjadi penjamin Ahok. Monib menilai kasus yang menerpa Ahok merupakan kriminalisasi.

“Ini (kasus dugaan penistaan) gerakan politik saja,” kata Monib dalam jumpa pers bersama Aliansi Masyarakat Sipil untuk Konstitusi (AMSIK) di sebuah restoran di Jalan Cikini 1, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/1/2017).

Monib juga menilai jika Ahok tidak menistakan agama. Monib justru memandang Ahok menjalankan nilai-nilai yang ada di Islam. Monib juga menilai, Ahok menjalankan sifat yang diajarkan Nabi, yakni siddiq, amanah, tabligh dan fathonah. Salah satunya rekam jejak dan kinerja Ahok menjalankan birokrasi yang transparansi dan bersih dari korupsi.

Ahok menurutnya orang yang dapat dipercaya dan dalam mengelola anggaran daerah Ahok mau mengumumkannya ke publik. Perkataan Ahok dan kebijakannya, lanjut dia, juga sejalan.

“Ahok ini kebijakan dalam mengelola PAD Jakarta yang sangat besar, sangat menguntungkan umat Islam, atas dasar itu saya pasang badan,” ujar Monib.

Baca juga: Pengamat Politik Menyebut MUI Adalah Lembaga Negara Yang Diakui Eksistensinya

“PAD besar Rp 70 triliun itu dia sudah sampaikan ke warga DKI. Ini sebuah sifat yang pemberitahuan yang kita butuhkan, rasanya Ahok memenuhi unsur tablig. Dia menyampaikan kewajiban, amanahnya di publik,” terangnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kemendagri Nilai Underground Government Perlu Dibuat Peraturan Tersendiri

Kemendagri Nilai Underground Government Perlu Dibuat Peraturan Tersendiri

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri memberikan perhatian terkait proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang sedang ...