Home > Ragam Berita > Internasional > Gambia Tak Lagi Menjadi Negara Islam Dibawah Kepemimpinan Presiden Adama Barrow

Gambia Tak Lagi Menjadi Negara Islam Dibawah Kepemimpinan Presiden Adama Barrow

Banjul – Peralihan kekuasaan di Gambia berdampak juga terhadap status dan bentuk negara Afrika Barat itu. Setelah resmi menjabat, presiden baru Gambia, Adama Barrow menghapus kata “Islam” dari nama resmi negara itu dan mengembalikan status Gambia sebagai negara sekuler.

Gambia Tak Lagi Menjadi Negara Islam Dibawah Kepemimpinan Presiden Adama Barrow

Presiden Gambia

Awalnya, Gambia memang negara sekuler. Tapi, pada tahun 2015 diktator Presiden Yahya Jammeh mengubah negara itu menjadi negara Islam dengan nama “Republik Islam Gambia”. Jammeh yang kalah pemilu Desember 2016 setelah berkuasa 22 tahun telah melarikan diri ke pengasingan setelah sebelumnya menolak lengser.

Pada konferensi pers pertamanya sejak mengambil alih kepemimpinan Gambia, Barrow mengatakan bahwa dia akan segera merombak lembaga pemerintah untuk membuat pemerintahan lebih efektif.

”Aturan hukum akan jadi dalam urutan hari,” kata Barrow, pemimpin baru negara yang 90 persen warganya beragama Islam. Dalam konferensi pers tersebut, dia menyatakan Gambia tidak lagi menjadi “Republik Islam”.

Presiden berusia 51 tahun yang sebelumnya menjadi pengusaha tersebut menyerukan semua warganya untuk bersatu. Dia berjanji untuk mengembangkan negaranya dengan menerapkan serangkaian reformasi demokratis.

Baca juga: Terkait Kebijakan Trump, Inilah Sikap Otoritas Penerbangan Mesir

”Untuk semua orang, dan rekonsiliasi total, jika orang berdamai, itu akan menyatukan semua orang, dan kami ingin pemerintah saya melihat semua bidang dan akan ada perombakan total dari sistem,” ungkap Barrow. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Israel Kembali Lakukan Serangan Udara ke Suriah

Israel Kembali Lakukan Serangan Udara ke Suriah

Damaskus  – Israel kembali melakukan serangan. Kali ini, jet tempur Israel meluncurkan roket. Roket tersebut ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis