Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 4 Minuman Super Penurun Kolesterol

4 Minuman Super Penurun Kolesterol

Jakarta – Tingginya tingkat kolesterol jahat dalam darah merupakan salah satu masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh gaya hidup modern. Apabila kondisi tersebut tidak segera diatasi, akan menimbulkan masalah kesehatan serius.

4 Minuman Super Penurun Kolesterol

Minuman Sehat

Anda dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Terdapat empat minuman super yang bermanfaat menurunkan kolesterol, seperti dilansir dari Cholesterolguardian, Kamis (2/2/2017).

1. Teh hijau

Minum teh hijau adalah kebiasaan umum orang Asia, terutama Jepang dan Tiongkok. Salah satu manfaat minum teh hijau adalah menurunkan kolesterol, risiko penyakit jantung, dan kanker. Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Untuk mendapatkan manfaat teh hijau, ada beberapa saran mengenai jumlah minimal yang harus dipenuhi sehari, yaitu 18 cangkir sehari, atau dua cangkir dengan berat delapan ons teh hijau per hari.

2. Anggur merah

Menurut sebuah penelitian dari Universidad Complutense de Madrid di Spanyol, anggur merah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh hingga 12 persen. Mengonsumsi anggur merah disertai makanan sehat dan olahraga teratur dapat meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi kadar kolesterol LDL.

3. Jus anggur

Fungsi jus anggur tidak jauh beda dengan anggur merah. Jus anggur bisa menjadi alternatif bagi orang yang tidak mengonsumsi alkohol. Penderita kolesterol tinggi dianjurkan mengonsumsi delapan hingga 16 ons jus atau buah anggur sehari. Selain itu, dianjurkan mengonsumsi 100 persen jus anggur tanpa penambahan gula.

4. Produk susu fermentasi

Susu hasil fermentasi (yoghurt) dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/LDL). Hal itu disebabkan karena kandungan Lactobacillus dapat memengaruhi kadar kolesterol dengan memecah molekul garam empedu. Bahkan, yoghurt dapat menurunkan kadar LDL hingga 11 persen, setelah 9 minggu dikonsumsi rutin. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hati-Hati, Kolesterol Bukan Hanya Disebabkan Makanan

Hati-Hati, Kolesterol Bukan Hanya Disebabkan Makanan

Jakarta – Banyak orang selalu bilang, jangan makan makanan yang digoreng dan daging-dagingan karena tinggi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis