Home > Ragam Berita > Nasional > Survey GRP Tempatkan Agus-Sylvi Diurutan Pertama Dengan 47 Persen

Survey GRP Tempatkan Agus-Sylvi Diurutan Pertama Dengan 47 Persen

Jakarta – Hasil survei dari Lembaga survei Grup Riset Potensial (GRP) dirilis pada Kamis (9/2/2017) ini. Survei tersebut dilakukan dari 28 Januari hinggga 4 Februari 2017. Metode yang digunakan adalah cluster analysis di 267 kelurahan di Jakarta yang dikelompokkan menjadi 27 strata berdasarkan profil elektabilitas pasangan calon hasil survei sebelumnya.

Survey GRP Tempatkan Agus-Sylvi Diurutan Pertama Dengan 47 Persen

Agus-Sylvi

Dari masing-masing strata, dipilih satu kelurahan secara acak atau random untuk penelitian ini. Pada satu kelurahan, dikunjungi seluruh RW dan dipilih rumah tangga secara sistematis. Kemudian dari masing-masing rumah tangga, diambil satu responden yang memiliki hak pilih secara acak.

Peneliti menerapkan teknis wawancara dengan menggunakan MOSAIC pada smartphone/tablet. Total sampel di masing-masing kelurahan ada 100 responden sehingga untuk 27 kelurahan, ada 2.700 orang yang dijadikan sampel. Adapun margin of error penelitian ini 2,5 persen pada confident interval 95 persen.

Alhasil, elektabilitas pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni sebesar 47 persen. Kemudian di posisi kedua ada Anies-Sandi dengan perolehan 25 persen dan di posisi ketiga Ahok-Djarot di angka 23 persen. Sebanyak 5 persen responden memilih tidak menjawab.

Survei GRP ini menunjukkan posisi Agus-Sylvi, yang diprediksi akan lolos pada putaran pertama. Sedangkan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi belum aman. Hasil survei ini menunjukkan, jika terjadi dua putaran, Agus-Sylvi diprediksi akan melawan Anies-Sandi atau Ahok-Djarot.

Survei juga menggarisbawahi soal bekerjanya mesin partai-partai pendukung yang berperan besar terhadap elektabilitas pasangan calon. Seperti diketahui, Agus-Sylvi diusung oleh Partai Demokrat, PAN, PKB, dan PPP. Kemudian Ahok-Djarot diusung oleh PDIP, Golkar, Hanura, dan NasDem. Lalu Anies-Sandi diusung oleh Partai Gerindra dan PKS.

Pemilih Partai Demokrat pada Pileg 2014, menurut survei GRP, loyal dengan pilihan partai. Sebanyak 96 persen mendukung Agus-Sylvi. GRP menyatakan Ahok-Djarot kehilangan 39 persen dari basis pemilih PDIP di Pileg 2014, di mana 31 persen pemilihnya disebut memilih Agus-Sylvi.

“Pemilih PAN dan PKB pada Pileg 2014 dari survei ini dinyatakan terpecah, mendukung Agus-Sylvi dan Anies-Sandi. Basis pemilih PPP terdistribusi pada ketiga pasangan calon,” kata Direktur Operasional GRP Wihartoseno kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Baca juga: Mahfud MD Menyebut SBY Dulu Biarkan Ruhut Maki-maki Orang

Paslon Anies-Sandi, berdasarkan hasil survei GRP, memperoleh dukungan kuat dari loyalis PKS dan Gerindra. Selain itu, pasangan nomor urut 3 ini mendapat limpahan dukungan dari pemilih NasDem. Agus-Sylvi pun disebut mendapat dukungan cukup signifikan dari pemilih pemula, yakni sebesar 63 persen. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Munawir Ingatkan Ada Resiko Untuk Warga Yang Telah Disumpah Pilih Agus Tapi Membelot

Munawir Ingatkan Ada Resiko Untuk Warga Yang Telah Disumpah Pilih Agus Tapi Membelot

Jakarta – Pembaitan terhadap Agus Harimurti Yudhoyono dalam acara Istighosah Akbar, Lapangan Blok S, Kebayotan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis