Home > Gaya Hidup > Lima Manfaat Mengkonsumsi Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Lima Manfaat Mengkonsumsi Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Jakarta – Kacang hijau termasuk dalam keluarga kacang-kacangan yang mempunyai kandungan protein nabati yang cukup tinggi. Protein nabati itu sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh dan lebih sehat bila dibandingkan dengan proten dari hewan.

Lima Manfaat Mengkonsumsi Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Berikut ini lima manfaat kacang hijau bagi kesehatan:

1. Kesehatan Jantung
73% kandungan lemak yang terdapat dalam kacang hijau adalah lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu banyak dokter ahli gizi yang menyarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau sebagai makanan wajib bagi mereka yang sedang diet.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Darah

Kandungan serat yang ada pada kacang hijau berfungsi sebagai pencahar dan membantu melindungi selaput lendir di usus besar. Sehingga dapat mengurangi waktu eksposur zat beracun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus. Serat dalam jumlah yang cukup juga terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

3. Melindungi Dari Radikal Oksigen

Kacang hijau banyak mengandung vitamin A. Kacang hijau juga kaya akan antioksidan sehat seperti polifonel, flavonoid, lutein, zeaxanthin dan beta karoten. Senyawa ini membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuan dini.

Lima Manfaat Mengkonsumsi Kacang Hijau Bagi Kesehatan

4. Mengembangkan Sistem Syaraf

Asam folat yang terdapat pada kacang hijau sangat bermanfaat, khususnya bagi ibu hamil. Asam folat ini dapat mengembangkan sistem syaraf dan menjaga kerusakan atau cacat otak pada calon bayi.

5. Menguatkan Tulang

Kacang hijau kaya akan kalsium, yang sangat bagus untuk menguatkan tulang. Apalagi jika kacang hijau dikonsumsi ibu hamil, akan membuat pertumbuhan kepadatan tulang pada calon bayi. Kandungan fosfor dan kalsium membantu pertumbuhan calon bayi dan menguatkan tulang ibu hamil.
(samsul arifin ā€“ www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mengejutkan! Roti yang dibakar Bisa Picu Masalah Kesehatan

Mengejutkan! Roti yang dibakar Bisa Picu Masalah Kesehatan

Jakarta – Ilmuwan sudah berkali-kali memperingatkan jika akanan bertepung seperti roti dan kentang, harus dimasak ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis