Berlin – Superioritas Mercedes di Formula 1 memang terlihat jelas. Dalam beberapa tahun terakhir tak ada yang mampu mencapai level mereka sebagai tim terbaik. Bahkan Ferrari pun kesulitan sebagai pesaing dengan nama besar lainnya.

Tidak Mampu Lampaui Mercedes, Franz Tost Berharap Ada Regulasi Kekuatan Mesin

Tim Mercedes F1

Yang menarik, banyak yang memprediksi Mercedes akan kembali menjulang pada musim ini. Chief Toro Rosso, Franz Tost, angkat bicara terkait hal ini. Sejak memakai mesin V6 Hybrid Turbo pada 2014, tak ada satu pun mobil yang bisa mencapai unit power sekuat Mercedes.

“Saya berharap cepat atau lambat ada persamaan terkait kekuatan mesin. Karena ini menjadi masalah yang cukup signifikan. Kami butuh Red Bull Racing, Mercedes, dan Ferrari bisa bertarung dengan seru sebagai juara,” ujarnya kepada Autosport pada Minggu (19/2/2017).

“Jika memang tak ada aturan itu, FIA harusnya bisa membuat regulasi untuk menghentikan pengembangan. Saya pribadi akan menghentikan pengembangan unit power Mercedes agar tim lain bisa menyamainya dan kemudian disamaratakan,” katanya.

Memang, persaingan di F1 dua tahun terakhir tak terlihat. Meski Ferrari, McLaren, hingga Red Bull Racing punya pembalap-pembalap berkualitas, mereka sangat sulit menyaingi kecepatan milik Mercedes.