Home > Ragam Berita > Nasional > HUT ke 39, Umat Kristen, Hindu, Kong Hu Chu Bersih-bersih Masjid Istiqlal

HUT ke 39, Umat Kristen, Hindu, Kong Hu Chu Bersih-bersih Masjid Istiqlal

Jakarta – Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama mengapresiasi langkah pembersihan Masjid Istiqlal dalam rangka hari jadinya yang ke-29.

HUT ke 39, Umat Kristen, Hindu, Kong Hu Chu Bersih-bersih Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Pembersihan tak anya melibatkan umat muslim, tapi juga umat beragama lainnya. Organisasi keagamaan Kristiani, Hindu, dan Kong Hu Chu juga ikut membantu proses bersih-bersih masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut.

“Alhamdulillah kita bisa melihat secara keseluruhan proses aksi bersih-bersih oleh beberapa organisasi masyarakat dan organisasi profesi, bahkan organisasi keagamaan selain Islam. Kemarin ada dari umat Kristiani, Hindu dan Kong Hu Chu juga ikut berpartisipasi untuk membersihkan masjid ini,” ujar Lukman di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (19/2/2017).

Lukman menambahkan, langkah itu adalah suatu bentuk toleransi umat beragama yang patut disyukuri. Mereka secara spontan dan tanpa diminta, turut berpartisipasi membersihkan masjid yang menjadi simbol umat muslim.
“Mudah-mudahan ini bisa jadi sesuatu yang kita tradisikan,” ujar Lukman.

Sementara untuk masjid Istiqlal, Lukman berharap tidak hanya dijadikan tempat untuk kewajiban shalat, namun juga kegiatan lainnya yang mensyiarkan agama Islam.

Baca juga: Ditinjau Langsung Oleh Anies, TPS 29 Kalibata Tetap Menangkan No 3

“Tentu kita harap setiap takmir (sekumpulan orang yang mempunyai kewajiban memakmurkan masjid) bisa memakmurkan masjid dalam makna yang luas. Tidak hanya menjadikan masjid untuk kewajiban salat tapi juga mensyiarkan nilai Islam,” ungkap Lukman. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Minta Waktu Seminggu Siapkan Bonus Untuk Persija

Sandiaga Minta Waktu Seminggu Siapkan Bonus Untuk Persija

Jakarta – Para Jakmania telah melakukan pawai dari Gelora Bung Karno (GBK) ke Balai Kota ...