Home > Gaya Hidup > Biji Alpukat Bisa Sembuhkan Penyakit Ginjal?

Biji Alpukat Bisa Sembuhkan Penyakit Ginjal?

Jakarta – Belum lama ini beredar sebuah informasi kesehatan lewat media sosial yang menyebutkan bahwa biji alpukat dapat membantu seseorang untuk sembuh dari penyakit ginjal, bahkan tidak perlu lagi cuci darah.

Biji Alpukat Bisa Sembuhkan Penyakit Ginjal?

“Sakit ginjal, jangan buru buru cuci darah!!! Biji alpukat diiris kecil-kecil lalu jemur sampai kering (seperti kerupuk). Lalu digiling sampai halus, ambil serbuknya lalu buat seperti kita membuat kopi atau teh. Minum seperti kita minum kopi, 3 kali sehari. Minumlah sampai kembali normal. Tidak ada efek samping. Salam sehat. Jangan pelit berbagi ke kawan kerabat sahabat family ya. Selamat mencoba!,” demikian yang tertulis pada informasi tersebut.

Lantas apakah benar biji alpukat dapat menyebuhkan penyakit ginjal?

Menurut ahli nutrisi Leona Victoria Djajadi, MND, memang ada riset ilmiah yang mencoba mempelajari manfaat biji alpukat, namun itu baru pada tahap percobaan terhadap hewan tikus, dan belum pernah diuji pada manusia.

Pada tikus sendiri, efek ekstrak biji alpukat dapat menurunkan gula darah, tekanan darah, dan menurunkan lemak darah. Ketiga faktor ini memang diketahui berkaitan dengan penyakit ginjal. Namun biji alpukat itu sendiri tidak berkaitan langsung secara klinis dengan kesehatan ginjal.

“Jadi secara tidak langsung jika diminum akan meringankan beban kerja ginjal. Salah satu studi menyebutkan efek ini akan hilang saat biji alpukat berhenti dikonsumsi,” imbuh Victoria.

Hal senada juga disampaikan oleh nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD. Menurutnya, sejauh ini belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa biji alpukat bermanfaat secara langsung bagi kesehatan ginjal.

“Alpukat memang baik untuk ginjal, namun bijinya belum terbukti dengan penelitian ilmiah sehingga belum diketahui tingkat keakuratannya. Alpukat adalah sumber lemak sehat dan alami untuk orang dengan penyakit ginjal,” imbuhnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sudah Sarapan Tapi Masih Merasa Lapar ? Ini Penyebabnya

Sudah Sarapan Tapi Masih Merasa Lapar ? Ini Penyebabnya

Jakarta – Apakah Anda pernah merasa lapar sebelum tiba jam makan siang? padahal, Anda telah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis