Home > Ragam Berita > Internasional > Baru Diketahui Jenis Racun Yang Telah Membunuh Kim Jong-Nam

Baru Diketahui Jenis Racun Yang Telah Membunuh Kim Jong-Nam

Kuala Lumpur – Baru-baru ini, Polis Diraja Malaysia (PDM) mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengidentifikasi cairan yang digunakan untuk menyemprot wajah Kim Jong-nam sehinga pria asal Korea Utara itu meninggal dunia. Cairan tersebut diketahui merupakan bahan kimia berkadar racun tinggi bernama VX Nerve Agent.

Baru Diketahui Jenis Racun Yang Telah Membunuh Kin Jong-Nam

Kim Jong-Nam

Menurut penjelasasn dari Kepala PDM Inspektur Jenderal Tan Sri Khalid Abu Bakar, Pusat Analisis Sejata Kimia telah mengusap mata dan wajah Jong-nam guna meneliti dan mengidentifikasi cairan yang digunakan untuk membunuh kakak tiri Pemimpin Korut Kim Jong-un tersebut. Khalid melanjutkan, bahwa VX tergolong dalam senjata penghancur massal berdasar Resolusi PBB Nomor 687 dan Konvensi Senjata Kimia 2005.

“Substansi kimianya teridentifikasi sebagai VX-Nerve-Agent,” ujarnya dalam pernyataan ke media, Jumat (24/2).

“Bukti lainnya sedang dianalisis,” sambungnya.

Pada 13 Februari lalu, Jong-nam tewas setelah disemprot cairan beracun ketika berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Tersangka penyemprotnya adalah warga negara Indonesia bernama Siti Aisyah dan wanita asal Vietnam yang bernama Doan Thu Huong.

Seperti yang ditulis di Laman Wikipedia, racun VX juga dikenal dengan istilah S2 ethyl diisopropylamino methylphosphonothioate. VX juga tak cepat menghilang dan bisa bertahan di material tertentu ataupun tanah dalam periode waktu yang lama.

Baca Juga : Bandara Mosul Berhasil Di Rebut Oleh Pasukan Irak Dari Tangan ISIS

Bahaya VX Nerve Agent sempat diangkat ke layar lebar pada tahun 1996, yakni melalui film laris berjudul The Rock yang dibintangi oleh Sean Connery dan Nicholas Cage. VX juga hambar dan tak berbau. Warnanya kekuning-kuningan.Tapi 10 miligram XV bisa berakibat fatal pada kulit. Sedangkan kandungan 30-50 miligram bisa merusak inhalasi.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Tiga Tentara ISIS Tewas Mengenaskan Setelah Diserang Kawanan Babi Hutan

Tiga Tentara ISIS Tewas Mengenaskan Setelah Diserang Kawanan Babi Hutan

Jakarta – Nasib mengenaskan menimpa tiga anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis