Home > Teknologi > Sains > NASA Bikin Peryaan Penemuan Supernova 1987A pada 30 Tahun Lalu

NASA Bikin Peryaan Penemuan Supernova 1987A pada 30 Tahun Lalu

California – Sekitar 30 tahun lalu, Teleskop NASA Hubble mendapatkan sebuah obyek. Itu adalah Supernova 1987A. Kini Badan antariksa asal Amerika Serikat tersebut dikabarkan merayakan ulang tahun ke-30 supernova paling indah tersebut.

NASA Bikin Peryaan Penemuan Supernova 1987A pada 30 Tahun Lalu

Supernova 1987A

Sebagaimana diberitakan Techtimes padda Sabtu (25/2/2017), tiga puluh tahun lalu NASA menemukan supernova paling cerah. Dinamakan Supernova 1987A, fenomena ini merupakan ledakan bintang yang menghasilkan kembang api warna kaleidoskopik dan bersinar dengan kekuatan 100 juta matahari selama beberapa bulan.

Tepatnya, fenomena itu terjadi pada 23 Februari 1987. Supernova terus mempesona bagi astronom yang menampilkan cahaya luar biasa.

Untuk merayakan ulang tahun ke-30, teleskop NASA itu merilis satu set gambar dan informasi baru mengenai SN 1987A. Dengan demikian, publik bisa mengakses film time-lapse, gambar, dan animasi berbasis data.

Sebagian besar gambar-gambar ini berasal dari riset Salvatore Orlando, NAF-Osservatorio Astronomico di Italia. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Jakarta – Berbagai perjalanan ruang angkasa telah dilakukan manusia. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan penelitian. ...