Home > Ragam Berita > Nasional > ACTA Bakal Lakukan Langkah Hukum bila Habib Rizieq Dapat Pertanyaan Tidak Relevan

ACTA Bakal Lakukan Langkah Hukum bila Habib Rizieq Dapat Pertanyaan Tidak Relevan

Jakarta – Habib Rizieq Shihab bakal menjadi ahli agama Islam di sidang ke-12 penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dia dihadirkan jaksa penuntut umum dan direkomendasikan oleh Majelis Ulama Indonesia.

ACTA Bakal Lakukan Langkah Hukum bila Habib Rizieq Dapat Pertanyaan Tidak Relevan

Habib Rizieq

Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Herdiansyah menerangkan, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara harus bersikap tegas dalam memimpin sidang lanjutan nanti. Apalagi bila kuasa hukum Ahok menanyakan hal yang tidak relevan kepada Habib Rizieq.

Bahkan, kata dia, ACTA akan hadir dipersidangan dengan kapasitas sebagai kuasa hukum pelapor penistaan agama. “Kami akan langsung melakukan langkah hukum apabila pelanggaran kode etik atau bahkan pelanggaran hukum dalam persidangan,” katanya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (26/2/2017).

Baca juga: Choel Ajukan Diri sebagai Justice Collaborator ke KPK

Majelis Hakim, lanjut Herdiansyah, harus bisa mengatur lalu lintas pembicaraan antara para pihak dalam sidang secara efektif. “Penasehat hukum terdakwa tidak boleh dibiarkan sengaja mengulang-ulang pertanyaan atau mengajukan pertanyaan yang tidak relevan dengan dakwaan serta ulur waktu,” tuturnya.

Menurut dia, bila kubu Ahok mulai berbuat hal yang bersifat intimidasi, maka majelis hakim bisa langsung mengingatkan. “Majelis Hakim juga harus tegas menegur pihak yang mengeluarkan pernyataan-pernyataan tidak etis dalam persidangan,” terangnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Foto Penampakan Bom Panci yang Digunakan oleh Pelaku di Bandung

Inilah Foto Penampakan Bom Panci yang Digunakan oleh Pelaku di Bandung

Bandung – Pelaku bom panci di Cecendo Bandung berhasil diringkus pihak berwajib. Saat penangkapan berlangsung, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis