Jakarta – Saat melakukan jamuan makan siang bersama Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Presiden Jokowi mengabadikan momen langka tersebut lewat rekaman video blog (vlog).

Vlog Jokowi Saat Makan Siang Bersama Raja Salman

Dalam vlog berdurasi 2 menit 20 detik yang diunggah Jokowi lewat akun Facebooknya, Rabu (1/2/2017), Jokowi menceritakan bahwa saat itu ia sedang makan bersama Raja Salman.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saat ini saya sedang bersantap siang dengan Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Beliau baru makan,” kata Jokowi, yang mengenakan setelan jas warna hitam, lengkap dengan peci hitamnya.

Jokowi mengatakan bahwa kunjungan Raja Salman ke Indonesia ini merupakan kunjungan balasan setelah dirinya berkunjung ke Arab Saudi pada 2015 lalu.

“Saat itu saya menyampaikan undangan agar beliau Sri Baginda Raja Salman bisa berkunjung ke Indonesia,” kata Jokowi.

“Dan kunjungan ini merupakan kunjungan balasan atas kedatangan saya ke Arab Saudi tahun 2015 yang lalu. Kunjungan ini juga merupakan kunjungan bersejarah setelah 47 tahun Raja Saudi Arabia ke Indonesia,” tambahnya.

Dalam vlog tersebut, Jokowi juga memberikan kesempatan kepada Raja Salman untuk berbicara, yang kemudian diterjemahkan oleh salah seorang staf dari Kementerian Luar Negeri RI.

“Saya sangat senang sekali saat ini berada di Indonesia, senang dengan rakyat Indonesia. Dan saat ini saya dengan Yang Mulia Presiden Indonesia. Dan bagi kami, rakyat Indonesia merupakan saudara kami dan juga rakyat yang sangat mulia,” kata Raja Salman.

“Terima kasih, Yang Mulia, terima kasih. Semoga kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan baik kita, antara Kerajaan Saudi Arabia dan negara kita Indonesia, hubungan yang saling menguntungkan,” balas Jokowi.
(samsul arifin – harianindo.com)