Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Waspada, Inilah Tanda-Tanda Anda Mengalami Overdosis Kafein

Waspada, Inilah Tanda-Tanda Anda Mengalami Overdosis Kafein

Jakarta – Minuman kopi selama ini dikenal sebagai minuman dengan kandungan kafein. Selain untuk menghilangkan rasa mengantuk, kebiasaan minum kopi juga dipengaruhi oleh gaya hidup manusia baik yang ada di pedesaan maupun kota.

Waspada, Inilah Tanda-Tanda Anda Mengalami Overdosis Kafein

Kopi

Kopi juga berfungsi sebagai minuman simbol pergaulan, kandungan kafein yang terkandung dalam kopi bisa jadi membuat orang berasumsi bahwa minuman inilah yang membuat mereka terus terjaga. Padahal, kafein yang terkandung di dalam kopi sangatlah berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Batasan normal kafein yang dapat ditoleransi tubuh orang dewasa yang sehat hanya 400 miligram sehari, sementara remaja hanya 100 miligram. Kafein bukan hanya terdapat dalam kopi, zat ini juga ditemukan pada teh hitam, minuman bersoda, cokelat dan lainnya. Apabila dalam sehari Anda mengkonsumsi kafein di atas batas normal yang dianjurkan, Anda akan mengalami overdosis kafein yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Seperti dilansir dari liputan6.com, Minggu (5/3/2017), berikut ini adalah tanda Anda mengalami overdosis kafein:

Sakit Kepala

Jika Anda merasa sakit kepala setelah minum kopi bisa jadi Anda mengalami overdosis kafein. Apalagi jika dalam sehari Anda sudah minum kopi lebih dari 3 cangkir. Asupan kafein di atas batas normal yang dianjurkan akan meningkatkan tekanan dan mengakibatkan sakit kepala. Sering sakit kepala ini juga bisa terjadi, kalau tiba–tiba saja Anda berhenti mengonsumsi kafein padahal sebelumnya Anda terbiasa dengan kafein.

Denyut Jantung Tidak Teratur

Kafein merupakan zat yang menstimulasi sistem saraf pusat yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Jika kafein masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan maka tekanan darah akan meningkat dan ini juga mempengaruhi jantung. Denyut Jantung menjadi tidak teratur karena jantung bekerja lebih keras oleh asupan kafein yang berlebih. Bahkan untuk beberapa kasus, sistem kardiovaskular yang tidak berjalan normal karena kelebihan kafein, dapat menyebabkan kematian.

Sering Merasa Haus

Kafein masuk ke dalam tubuh dalam bentuk minuman, tetapi dampak yang ditimbulkannya justru sangat berbeda dengan maksud orang untuk minum. Konsumsi kafein secara berlebihan akan menimbulkan rasa haus. The Food and Drug Administration menyatakan bahwa kebutuhan tubuh akan cairan tidak akan terpenuhi dengan mengkonsumsi minuman berkafein. Saat Anda berlebihan dalam minum minuman berkafein, kecenderungan buang air kecil akan meningkat dan Anda akan mengalami dehidrasi yang tentu berbahaya bagi kesehatan.

Gelisah

Sensasi awal yang ditimbulkan saat minum minuman berkafein adalah meningkatkan rasa kewaspadaan. Pada level yang normal ini adalah hal yang Anda butuhkan. Namun hati–hati jika Anda berlebihan mengkonsumsi kafein, kewaspadaan yang berlebihan justru berbalik menjadi kegelisahan. Ini tentu bukanlah dampak yang diharapkan karena hidup Anda tidak akan tenang jika disertai dengan perasaan gelisah.

Baca juga: Ini Dia Ciri-Ciri Jantung Anda Sehat

Mual dan Muntah

Kafein yang masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan kadar asam lambung. Peningkatan asam lambung inilah yang menimbulkan rasa mual, mulas dan ingin muntah. Bahkan untuk beberapa kasus yang parah konsumsi kafein berlebihan akan menimbulkan diare yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Jika Anda termasuk orang yang gemar minum kopi batasi jumlah kafein yang masuk dalam tubuh, agar akibat buruk karena overdosis kafein tidak Anda alami. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Mandi Pada Malam Hari Ternyata Ada Manfaatnya, Apa Saja ?

Mandi Pada Malam Hari Ternyata Ada Manfaatnya Loh, Apa Saja ?

Jakarta – Anda pasti pernah mandi pada malam hari. Biasanya, hal tersebut dilakukan karena berbagai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis