Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 4 Tanda Anda Mengalami Kanker Kandung Kemih

4 Tanda Anda Mengalami Kanker Kandung Kemih

Jakarta – Kanker kandung kemih biasanya menyerang pasien di atas usia 65 tahun dan umumnya lebih banyak diderita oleh kaum pria. Namun, menurut ahli onkologi di NYU Langone Medical Center, Arjun Balar, terdapat lebih dari 18 ribu wanita yang didiagnosis dengan kanker ini setiap tahunnya di Amerika Serikay (AS).

4 Tanda Anda Mengalami Kanker Kandung Kemih

Ilustrasi

Apa sajakah tanda-tanda jika Anda terkena dampak kanker kandung kemih? Perhatikan ulasan berikut ini seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (5/3/2017), dan segera lakukan pemeriksaan.

1. Darah pada urine

Ini adalah gejala awal yang paling umum dari kanker kandung kemih dan biasanya sering diabaikan oleh wanita karena terkadang tidak diiringi dengan rasa sakit. Selain itu, banyak wanita mengabaikannya karena dikaitkan dengan menstruasi atau menopause. Memang, darah dalam urine tidak selalu berarti kanker kandung kemih tapi penting untuk memeriksakannya ke dokter.

2. Gejalanya seperti infeksi kandung kemih

Gejala kanker dan infeksi kandung kemih sering tumpang tindih. Pasien mungkin mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil, rasa sakit saat buang air kecil atau inkontinensia urine. Apabila Anda mengalami gejala ini dan tidak sembuh dengan konsumsi antibiotik, disarankan melakukan pemeriksaan lebih mendalam.

3. Nyeri yang tak bisa dijelaskan

Nyeri berpotensi terjadi apabila kanker kandung kemih yang sudah berkembang. Rasa sakit bisa terjadi di daerah panggul atau perut. Rasa sakit juga bisa dirasakan di bagian tulang jika kanker telah menyebar ke tulang.

Baca juga: Waspada, Inilah Tanda-Tanda Anda Mengalami Overdosis Kafein

4. Nafsu makan menurun

Kehilangan nafsu makan adalah gejala kanker paling umum. Jika kanker telah tumbuh atau menyebar, Anda mungkin akan kehilangan berat badan atau merasa lelah dan lemah. Memang, ada banyak hal yang dapat mengacaukan nafsu makan. Sebaiknya konsultasi ke dokter terutama jika diiringi gejala lainnya.

Sebagai informasi, menurut National Institute of Health, sekitar 50 persen wanita yang didiagnosis dengan kanker kandung kemih adalah perokok. Merokok merupakan faktor risiko terbesar untuk kanker kandung kemih. Karenanya, apabila Anda menemukan gejala tersebut dan Anda termasuk perokok, segera periksa ke dokter. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

5 Akibat Tubuh Kurang Asupan Kalori

5 Akibat Tubuh Kurang Asupan Kalori

Jakarta – Diet dengan mengurangi makanan berkalori tinggi memang efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis