Home > Ragam Berita > Internasional > Raja Thailand Jebloskan Ajudannya Ke Penjara Karena Telah Berani Menghinanya

Raja Thailand Jebloskan Ajudannya Ke Penjara Karena Telah Berani Menghinanya

Bangkok – Salah seorang pria asal Thailand bernama Chitpong Thongkum baru-baru ini telah melanggar hukum lese majeste alias menghina raja, pada Jumat (3/3/2017). Mahkamah Militer Thailand akhirnya menjatuhkan vonis bersalah kepada penghina Raja tersebut.

Raja Thailand Jebloskan Ajudannya Ke Penjara Karena Telah Berani Menghinanya

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn

Pelaku penghinaan Raja tersebut diketahui adalah seorang mantan air vice marshal. Pria tersebut akhirnya dijatuhi hukuman penjara selama 5,5 tahun. Raja Thailand Maha Vajiralongkorn pun menjebloskan ajudannya tersebut ke penjara.

Sebelum vonis dijatuhkan kepadanya, Chitpong terlebih dahulu dipecat dari jabatannya sebagai wakil kepala staf Kerajaan Thailand. Setelah dipaksa melepas jabatannya, lantas dia menjalani proses hukum. Selain terbukti melanggar lese majeste, Chitpong juga didakwa melakukan pelanggaran yang lain.

’’Dia telah melakukan tindakan yang membuat kerajaan kehilangan kepercayaan. Dia juga membuat anggota keluarga kerajaan terhina,” ujar Sutin Sappuang, direktur Crime Suppression Division Kepolisian Thailand.

’’Saat menjabat, dia pernah melakukan pencurian. Dia juga melanggar undang-undang yang berkaitan dengan medis dan kosmetik,” terang pihak Kepolisian Thailand dalam pernyataan tertulis kemarin (4/3/2017). Namun, kepolisian tidak memerinci keterangan tersebut.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Serangan Bom Bunuh Diri di Nigeria, 13 Orang Tewas dan 5 Orang Luka-Luka

Serangan Bom Bunuh Diri di Nigeria, 13 Orang Tewas dan 5 Orang Luka-Luka

Jakarta – Sebuah serangan bom bunuh diri di sebelah timur laut kota Maiduguri, Nigeria, menewaskan ...