Home > Teknologi > Internet > Upaya Keras Menteri Sri Mulyani Paksa Google Bayar Pajak

Upaya Keras Menteri Sri Mulyani Paksa Google Bayar Pajak

Jakarta – Belakangan ini, memang sempat menghebohkan publi terkait dengan kasus sejumlah perusahaan teknologi informasi asing yang menolak untuk membayar pajak kepada pemerintah. Pasalnya, pemerintah tengah mengejar penerimaan negara, salah satunya dari pembayaran perpajakan tersebut.

Upaya Keras Menteri Sri Mulyani Paksa Google Bayar Pajak

Google

Seperti halnya salah satu perusahaan teknologi informasi, Google. Hal tersebut awalnya Google mengembalikan Surat Perintah Pemeriksaan (SPP) dari Ditjen Pajak beberapa bulan yang lalu. Kepala Kantor Wilayah Pajak Khusus Jakarta, Muhammad Haniv mengatakan, atas tindakan phaik Google tersebut, mereka terindikasi melakukan tindak pidana. Hal tersebut menjadi bukti awal pemeriksaan (Buper) bagi Kementerian Keuangan untuk melakukan investigasi.

“Sebulan lalu mereka ingin coba lakukan action dengan melakukan pemulangan surat perintah pemeriksaan, artinya mereka menolak untuk diperiksa,” kata Haniv di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Kamis (15/9/2017).

Google juga turut menolak penetapan status Badan Usaha Tetap (BUT). Padahal, Google telah terdaftar sebagai badan hukum dalam negeri di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanah Abang Tiga, dengan status Penanaman Modal Asing (PMA) sejak tahun 2011 silam.

Terkait hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati langsung mengancam pihak Google bakal membawa kasus pajak tersebut ke pertemuan internasional. Apabila diperlukan, Menkeu juga akan membentuk forum khusus untuk menyatukan persepsi terkait dengan pajak perusahaan over the top (OTT).

Baca Juga : Bukalapak dan Tokopedia Mengalami Error Dalam Waktu Bersamaan

“Saya lihat saja di negara-negara lain kompleksitas pemungutan pajak dari aktivitas ekonomi seperti ini, akan kita sikapi. Dan kalau kita merasa perlu ada forum internasional untuk menteri keuangan-menteri keuangan bisa sepakat sehingga tidak memiliki interpretasi sendiri, ya kita akan bawa,” ujar Sri Mulyani di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (16/9/2017).

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Status WhatssApp Kini Dapat Dipasang Foto atau Video

Status WhatssApp Kini Dapat Dipasang Foto atau Video

Jakarta – Bagi pengguna WhatsApp (WA), kini telah tersedia fitur baru yang memungkinkan untuk menambahkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis