California – Perusahaan milik Elon Musk, SpaceX, baru saja membuat sejarah baru. Mereka akan memberangkatkan dua turis ke bulan sebagai bagian dari inovasi terbaru SpaceX.

SpaceX Banderol USD 74,7 Per Kursi untuk Wisata ke Bulan

Kabarnya, kedua turis itu membayar ongkos yang sangat besar kepada SpaceX untuk merealisasikannya. Sayangnya, Elon menutup rapat besaran tarif yang dibayarkan keduanya.

Perlu diketahui, untuk memberangkat manusia ke luar angkasa bukanlah perkara yang murah. Selain tentunya roket dan bahan bakar, SpaceX membutuhkan banyak dana untuk melakukan pelatihan.

Namun, Elon Musk menjelaskan bahwa biaya memberangkatkan kedua turis itu sama dengan ongkos yang dibutuhkan untuk mengirim astronot ke Stasiun Luar Angkasa (ISS).

Sebagai contoh, NASA baru saja membayar sejumlah uang kepada Badan Antariksa Rusia. Uang tersebut digunakan untuk membayar lima astronot NASA yang akan menumpang kapsul Soyuz. Diperkirakan, NASA membayar USD373,5 juta atau USD74,7 juta per kursi.

Sebagaimana diberitakan Space pada Rabu (1/3/2017), rencananya SpaceX akan meluncurkan penumpang menggunakan kapsul Dragon ke sekitar bulan. Kendaraan luar angkasa ini akan terbang di atas permukaan bulan dengan jarak 400 ribu mil (650 ribu km) dari titik terjauh bumi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)