Home > Unik > Lucu > Simak Candaan Gus Dur Saat Menyebut Semua Presiden RI KKN

Simak Candaan Gus Dur Saat Menyebut Semua Presiden RI KKN

Jakarta – Tepat 30 Desember 2009 silam, Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur meninggalkan dunia di umurnya yang ke-69 tahun.

Simak Candaan Gus Dur Saat Menyebut Semua Presiden RI KKN

Gus Dur

Tokoh muslim ternama di Indonesia yang juga pernah menjadi presiden di tahun 1999 ini dikenal sebagai sosok luar biasa.

Sebelumnya, tahukah Anda apabila nama asli Gus Dur adalah Abdurrahmad Addakhil? Karena dianggap tidak cukup dikenal, nama belakangnya pun diganti dengan “Wahid”.

Sementara “Gus” merupakan sapaan kehormatan ala pesantren bagi anak kiai, yang artinya “abang”.

Cara mudah mengenang Gus Dur bisa jadi lewat candaannya yang khas. Gus Dur memang fenomenal.

Tidak hanya perihal terpilihnya ia menjadi presiden, padahal kita tahu beliau memiliki keterbatasan fisik, tapi juga keunikan kelakar atau candaannya yang memberi kesan tersendiri pada peraih beasiswa dari Kementerian Agama untuk studi di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, tersebut.

Prof. Dr. Mahfud MD pernah menjadi korban kelakarnya. Kala itu, Gus Dur memintanya menerima jabatan Menteri Pertahanan, namun ia menolak karena merasa tidak memiliki latar belakang terkait pertahanan negara.

“Latar belakang saya kan hukum tata negara,” sahutnya.

Tidak disangka, Gus Dur menjawab, “Kalau masalah gitu nggak perlu latar belakang. Saya aja nggak punya latar belakang presiden, tapi bisa jadi presiden!”

Atau, Anda mungkin juga pernah mendengar yang satu ini, saat Gus dur menyebut semua presiden yang pernah menjabat di Indonesia adalah pelaku KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

Ia pun berdalih, “Presiden pertama (Soekarno) itu saya katakan Kanan Kiri Nona. Presiden kedua (Soeharto), juga KKN, tapi yang ini Kanan Kiri Nabrak. Yang ketiga (Habibie) malah lebih parah lagi, Kecil Kecil Nekad. Yang keempat anda sudah tahu semua, yakni Kanan Kiri Nuntun. Dan yang terakhir, yang satu ini (sambil tertegun beberapa saat) Kayak Kuda Nil,” ujarnya disambut tawa 4.000-an hadirin.

Seperti Kuda Nil merupakan candaan yang beliau lontarkan untuk menggambarkan sosok Megawati yang bertubuh besar, senang berendam, sedikit gerak, serta jarang bicara. Ada-ada saja! (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemeriksaan Rutin, Polisi Ini Terkejut Ternyata Bus Berisi Kera Sakti

Pemeriksaan Rutin, Polisi Ini Terkejut Ternyata Bus Berisi Kera Sakti

Jiyuan – Pada sebuah pemeriksaan rutin di pos pemeriksaan polisi di kota Jiyuan, Provinsi Henan, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis