Jakarta – Apakah Anda sering merasa sebal karena kuota internet cepat habis sehingga tidak dapat digunakan di saat-saat Anda membutuhkan? Bila benar, cobalah untuk meminimalkan data yang dikonsumsi saat Anda berselancar di dunia maya.

Tips Hemat Pakai Kuota Internet

Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota internet:

Setting Aplikasi Instagram
Instagram menjadi salah satu aplikasi yang paling boros menggunakan kuota data internet karena banyaknya foto dan video di dalamnya. Pada aplikasi Instagram versi Android, pengguna bisa mengakses Options, menuju Cellular Data Use, lalu ceklis pada Use Less Data.

Aktifkan Data Saver
Untuk pengguna browser Chrome, Anda bisa mengurangi penggunaan kuota data dengan mengaktifkan Data Saver. Cara mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa menuju menu Settings, lalu pilih Data Saver, dan ubah ke posisi On.

Pakai Wifi saat Update Aplikasi
Gunakanlah fasilitas Wifi untuk meng-update aplikas. Pastikan selalu hal itu secara otomatis dengan masuk ke Play Store, pilih Settings, Auto-update apps, lalu pilih Auto-update apps over wifi only.

Turunkan Resolusi Video
Aturlah resolusi video. Dengan menurunkan resolusi video, konsumsi data bisa lebih kecil dan proses loading video bisa semakin cepat, tanpa buffering.

Batasi Penggunaan Mobile Data
Batasai penggunaan mobile data dengan mengakses Settings, lalu Data Usage, dan pilih SIM yang Anda pakai untuk mengakses data. Kemudian, aktifkan set mobile data limit dan atur batas konsumsi data agar tidak ‘bablas’.
(samsul arifin – harianindo.com)