Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada beberapa kesempatan di daerah maupun keluar negeri selalu menghadiahi masyarakat yang mau tampil ke depan panggung dengan sebuah sepeda. Setiap masyarakat yang berhasil menjawab tantangan selalu dijanjikan hadiah tersebut.

Inilah Perkiraan Harga Sepeda Yang Biasa Dibagi-bagi Oleh Jokowi

Sepeda Jokowi

Seperti yang terjadi Presenter Choky Sitohang ketika menjadi pembawa acara sosialisasi akhir tax amnesty di JIExpo Kemayoran 28 Februari 2017, sempat mengutarakan candaannya “Sana ambil sepedanya”.

Kalimat itu yang selalu diutarakan Jokowi, saat berkunjung ke daerah dan menggelar kuis kepada peserta yang hadir. Terhadap ucapan Choky itu, Jokowi kemudian memberikannya kuis dan berhasil dijawab.

“Ya sudah ambil sepedanya di Istana,” kata Jokowi saat itu, seperti siaran pers Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (10/3/2017)

Benar saja, pada Kamis (9/3/2017) kemarin, Choky ke Istana dan mendapatkan sepeda seperti yang dijanjikan itu. Ia bahkan memamerkan sepeda pemberian orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Saya pikir bercanda doang,” ungkapnya.

Lantas, berapakah harga sepeda yang disediakan oleh Presiden tersebut?

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengungkapkan sepeda-sepeda yang diberikan oleh Presiden Jokowi sebagai hadiah di daerah maupun di luar negeri pengadaannya tidak dalam jumlah banyak sekaligus.

“Sesuai kebutuhan saja (beli sepedanya),” kata Bey pada awak media.

Sementara untuk harganya, Bey menyeebut jika harga sepedanya tentu bervariasi, jadi secara keseluruhan range atau rinciannya kurang paham. Namun, yang pasti harga sepeda tersebut tidak jauh beda dengan harga pasaran.

Adapun rincian sepeda yang dibagikan tersebut, berdasarkan pantauan VIVA.co.id berjenis Mountain Bike dengan spesifikasi rem cakram depan belakang, memiliki shock breaker depan dan bergigi. Biasanya untuk sepeda jenis ini dengan merek United seharga Rp 1,9 juta per unitnya.

Baca juga: Tak Terkait Korupsi e-KTP, Ahok : “Karakter Orang Teruji Ketika Diberikan Kekuasaan”

Meski demikian, ada juga beberapa merek lain yang juga dibagikan Presiden seperti Polygon yang diterima Choky dan penyanyi cantik Raisa. Sedangkan dua orang WNI di Australia menerima sepeda dengan merk Giant. (Yayan – www.harianindo.com)