Jakarta – Sesuatu yang baik bila berlebihan memang menjadi tidak baik, termasuk Vitamin misalnya. Dalam hal ini kita membahas Vitamin C.

Apa Yang Terjadi Bila Tubuh Kelebihan Vitamin C?

Vitamin C memang sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Tapi bila Vitamin C kadarnya berlebihan di dalam tubuh maka hal ini justru akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Akibat yang paling mudah dikenali bila tubuh kelebihan Vitamin C yaitu sakit kepala, kram perut, gangguan pencernaan, diare, dan muntah-muntah.

Gangguan kesehatan di atas dikarenakan Vitamin C memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Selain itu, tingginya zat besi di dalam Vitamin C akan mengakibatkan efek toksik bila terlalu banyak dikonsumsi.

Menurut National Heart, Lung and Blood Institute, efek toksik yang disebabkan karena elebihan Vitamin C dapat menyebabkan keracunan organ dan kerusakan organ seperti jantung, hati, dan pankreas.

Bahkan yang lebih berbahaya lagi menurut New Encyclopedia of Vitamins, Minerals, Supplements and Herbs, kelebihan Vitamin C juga berbahaya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan bayi berisiko lahir cacat.

Lantas berapa takaran kebutuhan Vitamin C bagi tubuh setiap harinya?

Tubuh memerlukan 65-90 miligram Vitamin C per hari. Bila kadar Vitamin C berebihan di dalam tubuh maka otomatis akan dikeluarkan melalui urine. Tapi akan menjadi masalah bila tubuh tidak lagi dapat menampung kelebihan Vitamin C tersebut.
(samsul arifin – harianindo.com)