Home > Ragam Berita > Nasional > ICW Curigai Ada Praktik Pasang Badan Terkait Kasus Korupsi e-KTP

ICW Curigai Ada Praktik Pasang Badan Terkait Kasus Korupsi e-KTP

Jakarta – Baru-baru ini, Emerson Yuntho selaku Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW), mengungkap adanya praktik pasang badan dalam persidangan perkara kasus korupsi. Dengan modus membayar terdakwa agar tidak menyeret pihak-pihak lain atau nama besar yang kecipratan uang korupsi tersebut.

ICW Curigai Ada Praktik Pasang Badan Terkait Kasus Korupsi e-KTP

Emerson Yuntho

Menurut Emerson, dalam persidangan perkara korupsi ada istilah ‘biaya pasang badan’. Hal tersebut berarti imbalan untuk melindungi pihak tertentu. Terdakwa dibayar agar pasang badan dan tidak mau menyebut pihak lain.

Emerson mengamati praktik tersebut ada pada kasus ‘kardus durian’ tentang suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans). Pasalnya, pejabat Kemenakertrans yang kini telah ditetapkan sebagai terdakwa, mau pasang badan agar tak menyeret menteri yang sebelumnya disebut dalam surat dakwaan.

“Terdakwa melokalisasi dakwaannya bahwa dia adalah pelakunya. Karena itu, maka kasus berhenti pada dia saja,” kata Emerson dalam diskusi bertema KTP Diurus KPK yang digelar Populi Center di Jakarta Pusat, Sabtu (11/3).

Menurut Emerson, biaya pasang badan sudah dimulai sejak proses penyidikan. Umumnya, jelas Yuntho, penerima suap mendekati pesakitan di persidangan melalui orang dekat ataupun keluarga terdakwa. Tujuannya agar terdakwa tidak menyebut nama besar penerima fee.

Baca Juga : Menkum dan HAM Diindikasi Terlibat Korupsi e-KTP, Jokowi : “Serahkan ke KPK”

“Nah biasanya ini terjadi ketika sidang tengah berlanjut,” terang Yuntho.

“Pasangan si terdakwa menyampaikan, ‘papa lebih kaya di penjara daripada dinas’,” tutur Emerson.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Baru Saja Buat, Akun Instagram Istri Ahok Hilang, Dibajak ?

Baru Saja Buat, Akun Instagram Istri Ahok Hilang, Dibajak ?

Jakarta – Istri dari Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan, baru saja meluncurkan akun Instagram barunya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis